Giveaway

Mendongkrak Follower Twitter Melalui Giveaway, Why Not?

Saya mengadakan giveaway di twitter? Sungguh saya sendiri pun tidak percaya. Bagaimana tidak, saya memang punya akun twitter sejak Agustus 2014. Tapi sekalipun tak pernah saya gunakan. Tidak following siapapun dan tidak punya follower satupun.

Alasan tidak aktif di twitter Cuma satu, saya merasa tidak sanggup mengelola sosial media dengan baik. Instragram dan facebook saja kadang terbengkalai dan keteteran. Sampai akhirnya saya tersadarkan bahwa blogger sangat butuh sosial media termasuk twitter. Untuk share tulisan blog, untuk branding diri, juga untuk mencari pekerjaan. 

Tantangan Mengadakan Giveaway

Untungnya di Kelas Growth Blogger yang sedang saya ikuti, ada materi tentang manajemen sosmed. Pematerinya adalah Mas Ilham Sadli. Blogger asli Sasak Lombok yang saat ini berdomisili di Jember. Pernah menjabat sebagai Ketua Cabang FLP Jember sampai Februari 2020.

Tantangan dari materi Mas Ilham adalah membuat giveaway di twitter. Targetnya harus mendapatkan 50 Retweet (RT). Wah, dag dig dug dong saya. Bagaimana cara saya mendapatkan 50 RT ya? Tapi saya tidak boleh pesimis. Ini adalah tantangan. Apapaun kendalanya, saya harus tetap mencobanya. Dan setelah saya mengadakan giveaway, saya benar-benar tidak menyangka. Hasilnya diluar bayangan.  

Hasil Giveaway

Follower Twitter Naik 100%

Aturan giveaway yang ditentukan oleh Kelas Growth Blogger (KGW) agak unik bagi saya. Jadi saya diharuskan bekerjasama dengan 2 peserta lainnya. Yaitu Mbak Antin dan Mbak Yustrin. Saya mengadakan giveaway dengan syarat peserta harus follow twitter Mbak Antin. Sementara Mbak Yustrin mengadakan giveaway dengan syarat peserta harus follow twitter saya.

Rabu (24/09) pukul 10.40 WIB saya pun memulai giveaway. Sejak itu notif twitter selalu muncul di layar HP, bahkan sampai siang ini.  Cek terakhir siang ini (24/09) pukul 14.14 WIB, follower saya sudah diangka 250. (Saya mesti berterima kasih nih ke Mbak Yustrin). Lalu tweet saya tentang giveaway yang saya adakan mendapatkan 116 RT. Wah sungguh semua diluar dugaan. Artinya, peningkatan follower lebih dari 100% .

Tentu saja persentase 100% lebih ini hanya berlaku untuk saya. Beberapa teman yang lain mungkin tidak. Sebab follower mereka sudah banyak sebelumnya. Tapi tetap saja giveaway ini sangat manjur dalam mendongkrak jumlah follower.

Strategi Mengadakan Giveaway

Sekarang saya jadi paham bahwa mengadakan giveaway bisa menjadi salah satu cara yang bisa digunakan untuk mendongkrak jumlah follower sosial media terutama twitter. Meski hadiah yang diberikan nominalnya masih kecil yaitu saldo OVO/Gopay 25K, peminatnya tetap banyak. Buat kamu yang juga ingin mencoba hal yang sama, berikut saya rangkumkan strategi dalam mengadakan giveaway yang berfek pada jumlah follower. Ini adalah hasil pemikiran setelah dapat ilmu dari Mas Ilham dan setelah praktik.

#1 Memberikan Hadiah yang Tepat  

Berikan hadiah yang yang tepat, hadiah yang banyak dibutuhkan orang. Alasan saya memilih memberikan hadiah saldo OVO/Gopay karena saya yakin banyak orang yang menggunakannya. Baik dari kalangan muda sampai yang tua. Hadiah ini juga bisa diarahkan untuk menarget follower yang tepat bagi kebutuhan konten kita. Misal, kita ingin mendapatkan follower para blogger atau orang-orang yang suka membaca. Jika kita ingin menarik follower perempuan, kita bisa memberikan hadiah berupa sepatu, baju, atau kerudung.

#2 Mengadakan Giveaway dari Akun Orang Lain

Yang saya maksud mengadakan giveaway  dari akun orang lain adalah seperti yang saya lakukan dengan Mbak Yustrin dan Mbak Antin. Mengadakan giveaway dari akun orang lain membuka peluang lebih besar untuk menarik follower-follower baru. Hal ini juga mudah dilakukan. Kita tinggal mengajak teman untuk bekerjasama kemudian membuat aturanmain yang disepakati bersama.

#3 Dilakukan Secara Berkala

Anggap saja dalam satu kali giveaway  kita bisa mendapatkan minimal 100 follower. Maka untuk mendapatkan 1000 follower kita perlu mengadakan 10 kali giveaway. Nah, giveaway¬≠-giveaway tersebut bisa kita lakukan secara berkala. Bisa seminggu sekali, setengah bulan sekali, atau sebulan sekali. Tinggal disesuaikan dengan kemampuan.

#4 Menggunakan Bahasa yang Menarik

Hadiah saja tidak cukup. Kita perlu menggunakan bahasa yang mampu menarik orang untuk mengikuti giveaway yang kita adakan. Gunakanlah bahasa ajakan atau yang dikenal juga dengan bahasa persuasif. Kalian bisa pelajari hal ini dari giveaway orang lain yang berhasil.

contoh poster giveaway
Contoh Poster yang Saya Buat.

#5 Lengkapi dengan Poster

Hadiah dan bahasa yang sudah menarik perlu dilengkapi dengan poster yang eye cathing. Poster akan sangat membantu kita nantinya. Misal kita mengadakan giveaway di twitter, maka saat kita hendak menyebarkan ke sosial media lain atau ke komunitas WA group, kita bisa menggunakan poster giveaway kita.  

#6 Mensyaratkan Tag atau Mengajak Teman

Penting banget memberikan syarat wajib tag minimal 2 atau 3  teman. Kenapa? Karena dengan tag teman artinya kita meminta peserta untuk mendatangkan peserta giveaway lainnya. Sesuatu yang pasti tidak akan kita bisa lakukan sendiri. Meski tak semua yang ditag ikut, tapi setidaknya pasti ada 1 atau 2 yang nyangkut untuk ikutan.  

Blogger Juga Influencer

Sederhananya influencer adalah orang yang bisa memberikan pengaruh ke masyarakat. Bisa selebriti, youtuber, public figure  juga blogger. Dan jumlah follower tinggi bagi para influencer sangatlah penting.

Khusus blogger, follower bisa menjadi target pembaca saat kita share tulisan kita di sosial media. Pekerjaan yang datang berupa pembuatan artikel, content placement, dan campaign sosial media sering pula mensyaratkan jumlah follower tertentu. Maka selain aktif menulis, blogger juga perlu mengupayakan menambah jumlah follower sosial medianya.

Inilah cerita pengalaman saya mengadakan giveaway di twitter. Saya pun sudah merasakan langsung manfaatnya. Kini giliran kamu untuk mencobanya ya! Selamat bertumbuh dan berkembang ya. Ingat, terus belajar itu harus.

Bagikan

2 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *