Kelas Growthing Online

Kelas Growthing, Kelas Online Terbaik bagi Blogger Haus Ilmu

Bertahan di Kelas Growthing sampai tahap ini, sungguh membuat perasaanku campur aduk. Saya terharu, sebab tidak mudah bisa bertahan di kelas ini. Saya pusing, sebab ke depan tantangannya akan semakin berat. Saya cemas, sebab saya adalah orang yang mudah menyerah. Tapi entah kenapa, saya sangat ingin bertahan sampai kelas tuntas.

Saya sudah menyimpan rapat-rapat keinginan untuk menuliskan tentang Kelas Growthing ini. Menuliskan segala hal yang saya rasakan dan pendapat saya tentang kelas ini. Rencananya saya akan menuliskannya jika kelasnya sudah berakhir. Namun, rasanya sudah tidak kuat. Saya perlu menuliskannya segera. Sebelum semuanya ambyar karena terlalu lama disimpan.

Kelas Growthing dan Fakta Di Baliknya

Kelas Growthing adalah kelas yang diadakan oleh Growthing.id. Kali ini kelasnya bertajuk ‘Kelas Growth Blogger’. Dari namanya, kelas ini bertujuan untuk membantu para blogger yang ingin mengembangkan blognya. Kelasnya berlangsung selama sebulan, 1-30 September 2020.

Saya mengikuti kelas ini atas rekomendasi  teman. Sejak awal mengisi form pendaftaran, saya sudah ketar-ketir. Apalagi saat menerima pemberitahuan via WA bahwa saya diterima di Kelas Growth Blogger. Berkali-kali saya membaca syarat yang harus dipenuhi. Setelah yakin saya bisa memenuhi syarat, saya putuskan untuk bersedia belajar di kelas ini.

Sejak awal saya sudah merasa kalau kelas ini berbeda dengan kelas online lain yang pernah saya ikuti. Peringatan-peringatan keras seperti; kelas ini akan menguras banyak waktu dan energi. Bersedia dikeluarkan dari group jika tidak menyelesaikan tugas sesuai instruksi. Tindakan kita akan berakibat kepada peserta lain. Semua sudah disampaikan di depan.

“Ada yang aku takutkan. Bukan kamu, bukan dia, bukan sesuatu. Tapi diriku sendiri”

Saya sempat membuat status WA seperti ini setelah di-invite ke group kelas. Jujur, saya tiba-tiba merasa takut. Faktanya, saya ini adalah orang yang paling tidak konsisten. Suka menyalahkan keadaan. Mudah stress bila menemui kesulitan. Seringkali berhenti di tengah jalan bila merasa kelelahan. ‘Bisakah saya menyelesaikan kelas ini dengan baik?’. Batinku.

Para Coach yang Menginspirasi

Kelas pun dimulai. Saya bertekad untuk kali ini melawan diriku sendiri. Meski perasaan was-was terhadap diri sendiri tak bisa dihindari. Alhamdulillah, Tantangan pertama, kedua, dan ketiga dapat saya tuntaskan. Menuliskan artikel tentang ‘alasan menulis blo’. Menjawab soal-soal esai terkait materi yang sudah disampaikan. Google Analythics, Google Search Console, dan Research Keyword.

Tantangan berikutnya mulai terasa sangat berat. Sangat-sangat berat. Saya adalah orang yang sulit mencerna sesuatu dengan cepat. Materi SEO on Page dan SEO off Page membuat saya pusing 7 keliling. Banyak istilah-istilah baru yang benar-benar perlu saya pahami dan kuasai. Saya bahkan sempat lembur 2 malam lantaran tags heading blog saya yang masih berantakan.

Kalau di kelas lain, saya sudah pasti memilih menyerah. Tapi atmosfer kelas ini membuat saya ingin bertahan. Peserta lain juga merasakan kesulitan seperti saya, tapi mereka tetap semangat dan pantang menyerah.

Selain peserta, para coach juga sangat menginsprasi. Pertama Mbak Monica Anggen, darinya saya belajar bahwa apa yang dia capai sekarang melewati jalan terjal yang panjang. Ada Mas Irwin yang super tegas. Ia tak menerima alasan apapun bagi yang tak mengerjakan tugas. Hal itu membuat peserta terpacu untuk melaksanakan tantangan sebaik mungkin.

Ada Coach Baim, darinya saya belajar untuk tak pernah menyalahkan keadaan. Penting untuk menjadikan diri mampu melawan keterbatasan dan kekurangan. Kini, orang-orang mengenal  coach Baim sebagai ahli SEO dan Content Writer handal.

Pelan-pelan, tanpa saya sadari, ada keinginan untuk melawan diri sendiri. Saya ingin mematahkan segala stigma diri yang saya buat sendiri. Pertamakalinya, saya ingin menuntaskan apa-apa yang saya pikir tak sanggup saya selesaikan. Jika orang lain mampu, harusnya saya juga mampu. Maka saya menguatkan niat untuk menyelesaikan kelas ini dengan baik sampai akhir.  

Baca Juga: Alasan Menulis Blog Versi Kopijagung.com

Kenalan baru
Kenalan Baru Sesama Blogger

Bertemu Teman-Teman yang Hebat

Seperti yang saya ceritakan, peserta lain di Kelas Growth Blogger adalah orang-orang yang juga menginspirasi saya. Makanya, saya ingin mengulas sedikit tentang 2 orang peserta yang juga masih bertahan di kelas ini. (FYI, dari 40-an peserta, kini tersisa 18 peserta saja. Sementara, ini baru pertengahan).

#1 Kak Ncus

Kak Ncus mulai menulis di blog sejak tahun 2006. Dulu blognya masih berisi soal-soal perasaan dan kegiatan sehari-hari. Semacam kayak diary gitu. Sejak 1 tahun 8 bulan yang lalu, Kak Ncus mulai membuat blog niche-nya, yaitu –travelndate–. Konten utamanya tentang perjalanan bersama suami. Baik perjalanan dalam arti berwisata maupun perjalanan dalam arti mengarungi bahtera rumah tangga berdua.

Berkunjung ke blognya Kak Ncus, saya otomatis dibuat iri (dalam artian baik ya). Ia bersama suami suka backpaker-an, bahkan sampai keluar negeri. Foto-foto bareng suami saat bepergian bisa bikin jomblo seperti saya baper nggak ketulungan.

Bukan hanya kisah perjalanan, Kak Ncus juga sering mengulas soal kuliner yang pernah dicobanya. Ia juga suka mengulas soal film. Ke depan Kak Ncus juga ingin blognya menjadi saksi perjalanan dengan suami dalam mengasuh anak. Semoga Allah segera mengirimkan malaikat-malaikat kecil ke rumahnya Kak Ncus Ya. Aamiin.

#1 Mbak Shanty

Sahabat saya lainnya adalah Mbak Shanty. Tahun 2014 Mbak Sahanty mengikuti pelatihan menulis di Akademi Menulis 5 Menara yang digagas Ahmad Fuadi. Penulis buku best seller Negeri 5 Menara. Wah beruntung sekali ya Mbak Shanty.

Mbak Shanty adalah alumni ITB. Pernah bekerja sebagai konsultan arsitektur selama 7 tahun. Namun, sejak menikah Mbak Shanty memutuskan untuk resign. Mbak Shanty dikarunia 2 orang anak, Muhammad Raka Arkana dan Siti Raisya Arkananta.

Mbak Shanty suka banget membaca buku. Menurut Mbak Shanty, harum buku itu seperti harum roti Br*** T*** yang selalu menggugah selera. Makanya, kalau kita ke blog Mbak Shanty di Cerita Shanty, kita akan menemukan banyak tulisan tentang review buku.

Buat kamu yang mau dapat referensi boleh banget berkunjung ke blognya Mbak Shanty. Bukan hanya soal review buku, Mbak Shanty juga bercerita banyak hal loh. Ada soal parenting, hubungan dengan pasangan, tentang kesehatan, dan lainnya.

Blogger Harus Terus Belajar

Kelas Growth Blogger Effect. Begitu saya menyebutknya. Pada pertengahan jalan ini, Kelas Growth Blogger menyadarkan saya tentang banyak hal. Pertama, kelas ini membuat saya memutuskan untuk melawan semua keterbatasan diri. Saya tak ingin lagi mengedepankan segala alasan yang akan membuat saya menyerah. Saya justru akan melawan semuanya. Makanya saya terus mencoba mengerjakan semua tugas apapun kendalanya.

Kedua, kelas ini menyadarkan saya tentang pentingnya untuk terus belajar. Contoh, awalnya saya mengira di blog itu ya menulis saja. Ternyata menulis di blog butuh seni juga. Dan seni menulis di blog itu ada pada SEO. Maka dari itu, saya tidak boleh lagi anti terhadap SEO seperti sebelumnya. Jika tidak, ya blog saya selamanya akan jalan di tempat.    

Ketiga, kelas ini mengajari saya soal tanggung jawab. Pada tantangan kali ini saya diwajibkan menulis dengan peneran SEO. Jika teledor, asal-asalan, tidak teliti, maka saya tidak hanya merugikan diri sendiri. Saya bisa merugikan teman-teman saya yang lainnya. Kalau saya salah, bukan hanya saya yang akan dikeluarkan dari gorup, tapi 2 orang teman lainnya yang saya ulas di blog ini. Maka kali ini saya harus bersungguh-sungguh.

Kelas Online Terbaik

Sampai detik ini, Kelas Growth blogger adalah kelas online terbaik yang pernah saya ikuti. Kenapa? Karena kelas ini tidak hanya mengajari soal blogging dan SEO. Kelas ini mampu membuat saya memutuskan untuk melampaui keterbatasan diri. Tidak ada lagi sikap ‘menyalah-nyalahkan kondisi dan situasi’.

Buat teman-teman blogger, pesan saya teruslah belajar. Ilmu terus berkembang, maka tak boleh kita merasa puas. Kamu yang ingin belajar soal blogging dan SEO, boleh banget belajar di Kelas Growthing. Silahkan klik gambar di bawah ini untuk info lebih lanjut.

Kelas Growthing
Kelas Growthing, Kelas Bagi Blogger yang Ingin Mengembangkan Blog

Kamu akan bertemu dengan para coach yang luar biasa jika belajar di Kelas Growthing. Para coach adalah orang-orang yang berpengalaman di dunia blogging dan SEO. Kamu benar-benar akan diajarkan bagaimana cara mengembangkan blog. Keterampilanmu juga akan terus terasah. So, buruan daftar ya! ^_^

Bagikan

33 comments

  1. Maasyaa Allaah, keren banget kelas menulis yang Kakak ikuti. Saya setuju banget sama Kakak. Menulis adalah sebuah seni yang membutuhkan tanggung jawab. Semangat menulis, Kak!

  2. Waah keren kak Luluk, kelasnya juga mantap sekali.. Semangat terus belajarnya kak Luluk, siap menunggu tulisan keceh kak Luluk

  3. Tantangan terberat memang mengalahkan diri sendiri. Andai itu musuh yang nyata sih mudah. Kalau pun kalah juga terlihat.

    Nah kalau diri sendiri tu nggak kelihatan. Gimana kita bisa lihat rasa malas?

    Tapi, kita harus terus belajar. Banyak yang harus dipersiapkan. Semangat mbak luluk.

  4. Tetap semangat berproses walau itu tidak mudah. Menulis, menuangkan ide, mengeluarkan pendapat, bukan hal yang mudah untuk kebanyakan orang, untuk mereka yang masih mampu melakukan itu adalah salah satu precious yang harus disyukuri. Lanjutkan dan tetap semangat mba luluk R.A

  5. Semangat Mbak Luluk, sekarang sudah paham kan kalau keterbatasan itu harus dilawan. Kedepan, terus semangat berjuang ya. Sukses untuk kelasnya.

  6. Mantap kelasnya, dengan sistem dikeluarkan dari group jadinya bisa benar-benar tersaring siapa yang sungguh-sungguh. Salut buat yang masih bertahan.

  7. Saya melihat begitu keras perjuangan dan gigihnya kak luluk untuk tetap bertahan di grup ..semakin semangat dan lewati semua tantangan dgn keyakinan..

  8. Apakah saya bisaa.. saya yakin pasti bisa.. tulisanku tidak sepandai tulisan mbak Luluk.. semangat terus pasti bisa

  9. Kak Luluk hebat bisa ikut kelas menulis sekeren ini!!terus bertahan sampai akhir..kuatkan langkah menuju garis finish yg km harapkan..SEMANGAT!!!

    1. Saya yakin kak luluk bisa melewati semua rintangan sampai lulus…
      Saya jg mau belajar menulis, semoga saya bisa mengikuti jejakmu kak luluk..ciaooooo…semangaaaat!!!

  10. Masya Allah tabarakallah ka….
    Smoga Istiqomah ya untuk trus menulis hingga menjadi inspirasi seperti para coach.

  11. Saya hanya bisa menyemangati dan mendo’akan, mba Luluk sehat trus, pusing” dikit gpplah yg penting trus brjuang menyelesaikan tugas-tugas sampai tuntas dan berhasil.

  12. Perlu banget kelas macem gini y k luluk, apalagi buat saya yang pemula heheheh tapi saya belum begitu serius ngeblog, semoga bisa rajin menulis

  13. Wah mbak, semangat terus yaaa.. InsyaAllah tetap bisa bertahan sampai akhir.

    Yang penting semangat dan mengerjakan tugas dengan baik aja. Btw, baru setengah jalan udah setengah juga yg tereliminasi ya mba… Hmmm

  14. Wah.. Kereeen..
    Teruskan semangat menulisnya, para pejuang2 pena. Semakin banyak yg kita tuangkan dalam bentuk tulisan, semakin terlatih dan banyak belajar agar kedepannya bisa menghasilkan karya yang lebih baik..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *