Belajar SEO

Mau Blog Naik Kelas? Belajar SEO Dulu Dong di Growthing.id!

Seorang blogger wajib loh hukumnya belajar SEO. Kok bisa? Ya biar blognya bisa berkembang. Jangan seperti saya. Sudah lebih dari 1,5 tahun ngeblog, tapi blognya jalan di tempat.

Jumlah kunjungan ke blog rendah. Artikel yang dibuat sulit masuk ke page teratas mesin pencarian google. Judul artikel tidak mampu menarik pembaca lebih banyak. Semua ini hanya sebagian dari masalah yang ada.

Alhamdulillah, mulai 1 September lalu saya berkesempatan belajar di Kelas Growth Blogger. Kelas online bagi para blogger yang ingin mengembangkan blog yang dimilikinya. Salah satu materi yang saya terima adalah soal SEO.

Belajar SEO Bersama Coach Baim

Sebelum belajar SEO, peserta Kelas Growth Blogger –salah satunya saya– belajar tentang kepenulisan bersama Mbak Monica Anggen. Nah, kalau tentang SEO kita diajari oleh Coach Bahrul Ilmi, biasa dipanggil Coach Baim.

Baca juga: Alasan Menulis di Blog Versi Kopijagung.com    

Siapa sih Coach Baim itu? Yuk saya kenalkan!

Coach Baim adalah seorang Blogger, Content Writer, SEO Enthusiast, dan Web Content Editor asal Pontianak. Aktif di komunitas Blogger Pontianak. Pembicara di workshop atau seminar tentang blogging dan SEO, baik offline maupun online. Pernah juga menjadi juara 1 nasional di perlombaan bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi yang diadakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi.

Selama di Kelas Growth Blogger, Coach Baim selalu menyampaikan materi dengan bahasa yang sederhana. Sehingga, blogger pemula seperti saya dapat memahami materi yang disampaikan dengan mudah.

Apa Itu SEO?

Sejak awal saya sudah menyinggung soal SEO. Lalu sebenarnya SEO itu apa sih? Baiklah, saya akan mencoba menjelaskannya. Hitung-hitung sebagai tes pemahaman saya sendiri, kan sudah belajar ke Coach Baim.

SEO atau Seacrh Engine Optimization adalah upaya untuk mengoptimasi blog atau website kita agar dikenali oleh google. Semakin google mengenali blog kita, dengan senang hati google akan merekomendasikan blog kita kepada pengunjung. Mudahnya, artikel yang kita buat dapat lebih sering muncul di page teratas pencarian google. Dengan begitu, kemungkinan traffic organik ke blog pun akan meningkat.

Ada 2 jenis SEO, yaitu SEO on Page dan SEO off page. SEO on Page adalah optimasi SEO yang dilakukan dari dalam blog kita. SEO off page adalah optimasi yang dilakukan dari luar blog kita.

Selain membahas sedikit tentang SEO, saya juga ingin membahas tentang Google Analythics (GA), Google Search Console (GSC), dan Reasearch Keyword. Ketiganya erat kaitannya dengan upaya optimasi blog.

#1 Google Analytics (GA)

Google Analythics merupakan tools milik google yang membantu kita untuk membaca data terkait traffic/kunjungan ke bog kita. Melalui Google Analytics kita bisa mengetahui beberapa hal berikut; 1. Mengetahui jumlah pengunjung blog, 2. Lama waktu yang dihabiskan pengunjung selama di blog, 3. Artikel yang paling banyak dikunjungi, 4. Jenis kelamin, umur, serta asal negara pengunjung, dan masih banyak lagi. Semua data yang ditunjukkan oleh Google Analytics dapat kita manfatakan untuk membenahi blog kita ke depannya dari segi konten.

#2 Google Search Console (GSC)

Google Search Console juga tools milik google yang dapat kita gunakan untuk memaksimalkan artikel/blog kita. Fitur URL Inspection yang dimiliki Google Search Console berguna untuk mengecek indexing artikel kita di hasil pencarian google. Fitur lainnya ada coverage, sitemaps, performance, overview, dan mobile usability. 

#3 Keyword Research

Menentukan kata kunci untuk artikel blog tidak bisa dilakukan secara sembarangan, apalagi modal perasaan alias mengira-ngira saja. Sebab itu, penting melakukan riset kata kunci sebelum menentukannya. Penggunaan kata kunci yang tepat dapat membantu artikel kita muncul di page teratas penelusuran google. Tools gratis yang dapat digunakan untuk mencari kata kunci adalah Google Keyword Planner, Google Trends, Ubersuggest dan Google Seacrh sendiri.

Segini ja dulu ya penjelasan soal SEO, GA, GSC, dan Reasearch Keyword. Membahas semuanya dalam satu artikel sangat tidak memungkinkan. Saya ja belajar sampai berhari-hari ke Coach Baim. Hehehe.

Kelas Belajar SEO

Belajar SEO Online
Belajar SEO bersama Growthing.id

Kelas Growth Blogger yang saya ikuti merupakan kelas online yang diinisiasi oleh Growthing.id. Kelas sudah berjalan hampir setengah bulan lamanya (Kelas diadakan selama sebulan). Manfaat dari kelas tersebut benar-benar saya rasakan. Domain Authority blog saya naik 5, dari 7 menjadi 12. Saya jadi tahu cara menjadikan struktur blog saya agar lebih SEO friendly. Terakhir, wawasan saya soal blogging jadi bertambah.

Buat kamu, blogger yang mau meningkatkan performa blog, harus banget loh belajar SEO bersama Growthing.id. Kenapa Growthing.id? Saya sudah merangkumkan beberapa alasannya untukmu.

#1 Coaches yang Ahli di Bidang Blogging dan SEO

Kualitas para Coach-nya tak perlu diragukan lagi. Mereka adalah ahlinya, bertahun-tahun berpengalaman di bidang kepenulisan, blogging, dan SEO. Selain Mbak Monica Anggen dan Coach Baim, ada juga Mas irwin dan Mas Pewe yang juga spesialis SEO loh.

#2 Peserta Dipacu untuk Mempraktikkan Ilmu yang Sudah Dipelajari

Para coach sudah membuat aturan sejak awal. Peserta diwajibkan mengerjakan tugas yang diberikan. Apalagi melanggar, tanpa ragu, peserta akan langsung di-kick atau ditendang dari group. Aturan ini ternyata punya efek positif loh, terutama bagi saya. Saya jadi terpacu untuk mengerjakan tugas sebaik mungkin demi menghindari tendangan Si Madun alias dikeluarkan dari group.                          

#3 Materi Mahal dan Mendalam

Materi yang disampaikan di Kelas Growth Blogger adalah materi mahal dan mendalam. Semua materi sudah melewati uji coba dan sudah dipraktikkan oleh para coach sebelumnya. Jadinya, peserta tinggal meniru dan menuai hasil praktik dengan lebih cepat.

#4 Choaches yang Full Support

Para coach ternyata tak cuma profesional dan tegas, tapi juga full support. Semua pertanyaan peserta dari pagi sampai malam cepat dijawab. Apabila ada peserta mendapatkan kendala, mereka membantu dengan sepenuh hati. Mbak Monic bahkan sering memberikan motivasi agar peserta bisa menuntaskan kelas sampai akhir.

Nah, bagaimana? Kamu tertarik belajar SEO di Growthing.id? Segera klik poster Kelas Growth Blogger di atas untuk mendapatkan info lebih lanjut! InsyaAllah, kamu akan sangat-sangat bersyukur jika mengikuti kelas tersebut. Karena kamu akan bertemu dengan para coach yang hebat dengan segudang pengalaman.

Bagikan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *