BRT Network

Mau Menaikkan DA Blog? Nulis di BRT Network Yuk!

Pada tulisan kali ini saya akan berbagi pengalaman menulisdi BRT Network. Memang ini pertamakalinya saya menulis di sana. Tapi tidak ada salahnya dong saya membagi pengalaman yang secuil ini. Siapa tahu bisa bermanfaat, ia kan?

Domain Authority (DA)

Apa itu Domain Authority (DA) ? Dilansir dari idcloudhost.com, DA adalah acuan yang digunakan oleh mesin pencari google untuk memberikan peringkat atau ranking bagi sebuah blog atau situs. Semakin tinggi nilai DA, maka blog kita pun akan lebih mudah tampil di peringkat teratas google search. Beberapa klien atau pemberi pekerjaan kepada blogger juga menyenangi blog dengan DA yang gemuk.

Cara Meningkatkan DA

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan DA blog. Antara lain; 1. Usia Blog, 2. Popularitas Domain, 3. Artikel berkualitas dan menari, 4. Guest Post, 5. Internal Link, 6. Gambar. Tapi saya di sini akan fokus pada cara meningkatkan nilai DA melalui popularitas domain.

Meningkatkan popularitas domain bisa dilakukan dengan meletakkan link kita di blog atau situ lain. Tentunya blog/situs tersebut harus memiliki nilai DA yang lebih tinggi dibandingkan dengan blog kita. Selain itu pastikan blog/situs tersebut terpercaya. Jadi jangan sembarang juga ya meletakkan link blog.

Blogger Ruang Tunggu

Ap itu BRT Network?

Berkaitan dengan tanam-tanam link ini, saya ingin memperkenalkan BRT Network kepada kalian. BRT Network merupakan kepanjangan dari Blogger Ruang Tunggu. Di BRT Network kita bisa menulis dengan berbagai tema sambil lalu menitipkan link blog yang kita miliki. Tema tulisan yang diperbolehkan saat ini adalah Family, Hobby, Finance, motivation, Lifestyle, techno, dan Travel. Selain di artikel, kita juga bisa submit link blog  kita di profil loh. Kelebihan BRT Network lainnya adalah, adanya tim editor. Sehingga bisa dipastikan hanya tulisan-tulisan berkualitas yang akan diloloskan.

Artikel Berkualitas: Memakai Foto Sendiri

Sebelum membahas cara membuat profil dan cara menulis di BRT Network, terlebih dahulu saya akan membicarakan sedikit tentang fotografi. Kenapa? Karena foto adalah bagian penting dari artikel yang berkualitas.

Kak Ge Maulani

#1 Belajar Fotografi

Masih soal Kelas Growth Blogger ya. Cerita tentang kelas ini sudah ada di tulisan saya sebelumnya.  Malam minggu kemarin (19-09-2020) ada materi fotografi dari Kak Ge Maulani. Kak Ge menyadarkan saya betapa pentingnya memakai foto hasil jepretan sendiri di blog.

#2 Pentingnya Memakai Foto Sendiri di Blog

Kenapa penting? Pertama, menggunakan foto sendiri bisa membebaskan kita dari copy right. Ya tau sendirilah ya, tidak semua foto di google bisa kita gunakan secara bebas. Selain itu, menggunakan foto sendiri juga membuat blog kita terlihat lebih profesional. Tingkat kepercayaan pembaca juga akan naik terhadap konten yang kita tulis.

Yuk Nulis di BRT Network!

Yeay, sampailah pada tutorial membuat profil dan cara submit tulisan di BRT Network. Caranya cukup mudah kok. Sekali mencoba kamu sudah pasti akan akrab untuk menggunakannya. Terutama buat kamu yang sudah terbiasa ngeblog. Oke langsung saja ya! Sebelum dimulai sebaiknya gunakan laptop ya, karena tutorial ini lebih mengacu membuka BRT Network melalui laptop/PC.

Membuat profil di BRT Network

#1 Membuat profil

Langkah pertama, silahkan menuju situs BRT Network. Pada tampilan hompage, silahkan klik register pada bagian sidebar. Jika sudah, silahkan isi data diri lengkap sesuai dengan yang diminta. Selanjutnya tinggal klik submit pada bagian bawah. Gampang bukan?

Submit artikel di BRT Network

#2 Submit Artikel

Untuk submit artikel di BRT Network, silahkan klik menu ‘member’ dan pilih sub menu  ‘submit post’. Nanti akan keluar tampilan seperti gambar di atas. Pindahkan materi tulisan yang  sudah kalian buat. Isilah ‘meta description’ dengan kalimat yang menarik. Pilih juga kategori yang sesuai dengan konten kita. Selanjutnya tinggal tekan tombol submit. Terakhir akan muncul pemberitahuan apakah  artikel kita berhasil disumbit atau tidak. Selesai deh. Buat teman-teman yang mau menyertakan link eksternal ikuti saja petunjuk yang dituliskan di bawah kolom konten!

Kelas SEO
Coaching SEO bersama Grwothig.id

Lengkapi dengan SEO

Selalu dan selalu, jangan lupan terapkan SEO on page pada artikel kita ya. Baik saat menulis di blog sendiri maupun di BRT Network.  Biar artikel kita bisa masuk ke rangking teratas di mesin pencarian google.

Buat teman-teman yang mau mahir soal SEO boleh banget belajar ke Mas Pewe dan Mar Irwin. Akan ada kelas dari mereka terkait SEO. Kelas ini terbukti dan teruji soalnya.

Oke, sekian dulu ya. Jangan lupa segera nulis di BRT Network ya!.

Bagikan

5 comments

  1. Penjelasan singkat yg sangat membantu bagi para pemula yg masi belajar biar blognya lebih kece..thanks kk luk..

  2. Semoga semangat menulisnya juga selalu meningkat tajam ya, Kak Luluk. Kadang2 yg bikin kendor ya semangat yg turun itu. Good luck..

  3. Setuju kak luk, kalo ada foto minat kita buat baca dan tingkat kepercayaan kita terhadap sebuah tulisan jauh lebih tinggi.

  4. Makin keceh aja ka LL. Kalau boleh tau, seberapa serius ka LL menulis? Terus, ada spesifikasi ga di blog ka LL, misal ka LL hanya akan membahas tentang gardening dsb?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *