Kelas Growth Blogger

Ikut Kelas Growth Blogger, DA Blog Saya Melesat dari 7 Ke 34

Tralalaaa, akhirnya saya bisa menyanyi dengan riang setelah dinyatakan lulus dari Kelas Growth Blogger Batch 1. Sebulan sudah saya berjuang mati-matian agar bisa lolos sampai tahap akhir. Dan seperti yang sudah dijanjikan para Coach, bagi siapapun yang  lolos sampai akhir, DA blognya akan mencapai angka 30+.

Beneran? Beneran dong, sudah terbukti kok. Per 8 Oktober 2020, DA blog saya mencapai angka 34. Wiiiiw, girang banget saya pokoknya.

Awal Mula Ikut Kelas Growth Blogger

Ok, saya akan kembali membahas sedikit tentang Kelas Growth Blogger. Kelas Growth Blogger adalah kelas yang ditujukan pada blogger-blogger pemula yang ingin mengembangkan blognya. Kelas ini diinisiasi oleh Growthing.Id, timnya ada Coach Irwin, Coach Pewe, Mbak Monica Anggen, Kak Gilang Maulani, Coach Ilham, dan Coach Bahrul. Oh ya, saya sudah mengulas tentang semua coach di kategori Sosok Indpiratif. Silahkan membacanya jika ingin mengenal mereka lebih dalam.

Nah, suatu hari ada seorang  teman yang suka pamer DA blognya ke saya. Awalnya saya biasa-biasa saja. Tapi makin lama saya mulai goyah juga. Tidak bisa dipungkiri, saya juga mau DA blog saya naik. Apalagi setelah DAnya naik ke angka 20+, teman saya mulai lancar mendapatkan pekerjaan lewat blog. Ternyata, banyak dari agensi yang mensyaratkan nilai DA tinggi saat menawarkan kerjasama pada para blogger.

Teman saya ikut ‘Kelas Menaikkan DA’ yang juga dipelopori oleh coach Irwin dkk. Makanya saya langsung berniat ikut kelas yang sama pada batch selanjutnya. Sayangnya kelas itu ditiadakan, tapi diganti dengan Kelas Growth Blogger. Wah tidak jadi kecewa saya.

Senang dan Bahagia Jadi Satu

Pas pendaftaran sudah dibuka, langsung  deh saya isi form. Alhamdulillah, dari 200-an pendaftar saya masuk ke 40-an peserta yang diterima. Bersyukurnya lagi, dari 40-an peserta saya berhasil menjadi peserta yang lolos sampai akhir bersama 5 peserta lainnya.

Bayangkan coba, bagaimana saya tidak senang  bin bahagia. Dari 40 peserta cuma tersisa 6 peserta. Yang lainnya berguguran kena tendangan Madunnya coach Irwin . Alias dikelaurkan dari group.  Alasannya ya macam-macam. Ada yang mengerjakan tugas tidak sesuai dengan brief. Ada juga yang karena mengundurkan diri dan tidak mengerjakan tugas sama sekali.

Alasan pertama sebisa mungkin dihindari. Alasan kedua dan ketiga sebaiknya jangan pernah dilakukan. Ingat, yang mau ikut kelas ini banyak. Kalau kita main mundur dan tidak serius di tengah jalan, sama artinya dengan kita merugikan calon peserta lain. Kan mending jatah kita diberikan ke mereka yang benar-benar niat.

Perjuangan Sampai Tetes Darah Penghabisan

Buat kamu semua yang mau ikutan kelasnya coach Pewe dkk, saya ingatkan dari awal. Kalau kamu tidak siap mental dan fisik jangan ikutan. Beneran, kelasnya berat euy. Semakin ke belakang tantangan semakin bertambah. Saya sempat loh ingin menyerah pas udah sampai di tugas akhir. Rasanya kalau orang lari, saya sudah tidak punya tenaga lagi.

Tapi karena saya selalu terbayang-bayang DA blog  30+, saya paksakan diri ini terus melaju. Lagian kan sayang, sudah tinggal selangkah lagi. Berkali-kali saya menyemangati diri sendiri, ‘ayo Luk semangat, semangat, semangat. Kamu tidak boleh menyerah. Tinggal selangkah lagi. Jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari pas lihat peserta lain DAnya 30+’.

Kelas yang Sangat Berat?

Duh jangan ditanya. Selama sebulan, yakni selama mengikuti Kelas Growth Blogger, saya setiap detik mengecek layar gawai saya. Selalu banyak info terbaru yang kalau ketinggalan bisa sangat merugikan. Saya juga selalu standby di depan laptop setiap kali ada acara tendangan madunnya Coach Irwin. Kenapa? Bisa-bisa saja ada tugas kita yang salah tapi kita masih diberikan kesempatan untuk memperbaiki.

Tidak Cuma itu. Saya jadi lebih sering begadang. Pernah dua hari berturut-turut saya selalu tidur pukul dua dini hari. Penyebabnya karena saya belum berhasil memperbaiki susunan tag heading blog saya. Sampai-sampai migrain saya kambuh. Saya juga sempat tidak makan seharian karena belum menyelesaikan tugas. Sementara, deadline tinggal beberapa jam saja.

Mosok sih? Hmmm tanyakan saja pada peserta yang lainnya. Atau teman-teman bisa membaca ulasan Pak Bambang Irwanto di blog BRT Network. Beliau sudah memberikan peringatan agar kita tidak ikut kelas gratisan kalau tidak ingin tersiksa.

Da blog 30+
DA blog Kopi Jagung per 8 Oktober 2020

Selepas Belajar dari Kelas Growthing

Baiklah, dari tadi saya terus menceritakan betapa beratnya mengikuti Kelas Growth Bloger. Kesannya kok kayak menyeramkan gitu. Ya memang begitulah adanya. Cuma biar imbang, saya juga mau menceritakan sisi lain dari kelas ini.

Sistem kick di kelas ini sangat membantu saya. Demi menghindarinya saya jadi terpacu untuk mengerjakan tugas tepat waktu dan sebaik mungkin. Tugas menulis artikel dari kelas ini juga memaksa saya untuk terus update tulisan di blog. Saya akhirnya menyadari, kenapa selama ini saya tidak bisa konsisten upload tulisan di blog. Ya lantaran saya kurang memaksa diri. Masih suka bergantung pada yang namanya mood.

Terus kalau kita mau menyadarinya lagi, segala tugas yang diberikan itu kembali ke diri kita sendiri loh. Blog kita jadi lebih tepat susunan tag headingnya. Sehingga, blog kita bisa lebih dikenal oleh google. Kita juga jadi bisa menulis dengan SEO yang benar. Artikel dengan SEO yang bagus lebih memungkinkan untuk nangkring di page teratas pada google search.

Kita juga jadi lebih paham kegunaan google analytics dan google search  console. Kata Coach Irwin sih, keduanya itu seperti orang dalamnya google. Terakhir tentunya naiknya DA blog kita. Sebelum ikut kelas ini blog saya hanya 7 selama setahun lebih ngeblog. Dalam satu bulan naik berkali-kali lipat jadi 34. Wow luar biasa.

Baca Juga: Kela Growthing, Kelas Online Terbaik Bagi Blogger Haus Ilmu

Sebelum saya akhiri tulisan saya, saya mau memberikan sedikit pesan kepada siapapun yang ingin ikut kelas batch berikutnya. Persipakan mental sekuat baja, jangan mudah menyerah dan berputus asa. Jangan pula mudah berpuas diri apalagi terlalu percaya diri.  Cek dan ricek berkali-kali sebelum menyetorkan tugas. Pastikan tidak ada kesalahan sedikit pun.  

Terakhir yang sangat penting, jangan malas baca, pahami brief tugas dengan teliti. Sering-seringlah scroll chat group agar tidak ketinggalan informasi apalagi salah informasi. Ok, selamat berjuang di kelas Growth Blogger selanjutnya teman-teman. Niatkan diri untuk menimba ilmu. Saya sendiri juga akan terus berjuang untuk mempertahankan DA blog dengan rutin update tulisan organik. Sukses untuk kita semua.

Bagikan

4 comments

    1. Terima kasih Kak Untari. Ia Kak ayuk ikutan batch selanjutnya. Melengkapi blog kita dg nilai DA tinggi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *