Resep Bala Kacang Tolo

Recook Resep Bala Kacang Tolo dari Yummy App, Hasil Panen Kebun Kopi Jagung

Resep Bala Kacang Tolo dari Yummy App – Pernah makan krecek? Nah, biasanya salah satu bahan dari krecek ini adalah kacang tolo. Kalau kamu suka gudeg, kamu pasti tahu apa itu krecek.

Kacang tolo adalah salah satu komoditi yang sering dibudidayakan di kampung saya. Tapi, di kampung saya, kacang tolo dikonsumsi saat segar. Jadi fungsinya lebih sebagai sayuran hijau.

Kebetulan sekali, di ladang sedang menanam kacang tolo. Banyak polongnya yang siap panen. Selain dijual, saya dan Ibu mengambil kacang tolo untuk dikonsumsi juga.

Namun saya mau mencoba resep yang berbeda. Kira-kira kacang tolo enaknya dimasak apa ya selain disayur? Untung ada Yummy App. Jadi saya bisa cari resep kacang tolo baru nih di aplikasi ini.

Yuk Kenalan Sama Kacang Tolo!

Mungkin kamu tidak terlalu familiar dengan kacang tolo. Memang tanaman ini tak seterkenal tanaman polong lainnya. Seperti kapri dan kacang hijau. Karenanya, pada kesempatan ini, saya mau mengenalkannya ke kamu.

Nama lain dari kacang tolo adalah kacang tunggak. Kalau di kampung saya namanya otok. Tanaman ini masuk keluarga legum atau polong-polongan. Masih sejenis dengan kacang panjang, hanya beda sub-spesies.

Tingginya mencapai 15-80 cm. Sementara panjang polongnya berukuran 10-30 cm. Bentuknya kaku, keras, dan menggantung.

Tanaman kacang tolo ini tahan pada kondisi kering. Makanya, cocok sekali dibudidayakan di lahan Madura yang tanahnya cenderung kering.

Bagian yang bisa dimanfaatkan adalah biji (muda dan kering), polong muda, dan daun mudah. Biji kering biasa dijadikan tepung dan bahan campuran krecek. Biji mudanya bisa dijadikan sambel. Sementara polong muda dan daun muda bisa jadi sayur dan lalapan.

Chanel Youtube Kebun Kopi Jagung

Recook Resep Bala Kacang Tolo dari Yummy App

Karena kacang tolo tak terlalu populer. Makanya saya sempat berpikir, kalau di Yummy App tidak ada resep tentang kacang tolo. Eh ternyata ada.

Setelah memilih dan menimbang. Saya akhirnya memutuskan untuk recook resep bala kacang tolo.

Biasanya, saya mengolah kacang tolo menjadi sayur asem, urap, dan bahan campuran rujak (Jawa Timuran). Jadi saya mau menikmati kacang tolo dengan cara berbeda. Kali ini mau yang kriuk-kriuk saja.

Resep bala kacang tolo yang saya cobain merupakan resep milik akun @iikfatty. Kak Iikfatty ini sudah membuat 219 resep loh Yummy App. Terus hampir semua resepnya dapat bitang lima loh. Keren ya?

Makanya saya tak ragu sama sekali mencoba resep bala kacang tolonya kak Iikfatty ini. Setelah saya recook, wah rasa bala kacang tolonya nikmat sekali. Masaknya pun simpel banget, bisa selesai hanya dalam 5 langkah saja.

Resep bala kacang tolo
Recook Resep Bala kacang Tolo dari Yummy App

Yummy App, Lebih dari Sekedar Aplikasi Resep

Saya bilang, Yummy App ini bukan aplikasi resep biasa. Kenapa? Karena aplikasi ini tak hanya membagikan resep, tips, dan tutorial memasak saja. Kamu juga bisa mendapatkan banyak ilmu di bidang kuliner dari aplikasi ini.

Tak percaya? Yuk simak ulasan lengkap saya tentang Yummy App di bawah ini!

#1 Apa Itu Yummy App?

Yummy App baru dirilis pada tahun 2019 silam. Merupakan bagian dari yummy.co.id. Sebuah multi-platform food-focused media digital di bawah naungan IDN Media.

Aneka resep masakan bisa kamu akses di aplikasi ini. Mulai dari makanan pembuka, utama, dan penutup. Mau berbagai resep makanan nusantara juga ada loh.

Apa saja menu pada aplikasi Yummy App?
Apa saja menu pada Yummy App?

#2 Menu-Menu di Yummy App

Yummy App memiliki tampilan antar muka yang simpel dan bersih. Sehingga mudah digunakan dan tak bikin mata seliweran. Semua bagian dan menu pada aplikasi mudah dikenali.

Bicara menu, apa saja sih menu yang ada di Yummy App?

Home

Menu yang pertama adalah home, merupakan tampilan utama dari Yummy App. Di Home akan tampil resep-resep yang sedang trending. Berbagai Event & Promosi serta akun-akun official. Baik akun para chef-chef terkenal dan berbagai produk masakan.

Pada Home ini, Berbagai resep juga ditampilkan dalam berbagai kategori khusus. Jadi kamu tinggal pilih-pilih saja sesuai keinginan.

Jika ingin cepat, kamu bisa menuju ke menu search. Terletak di bagian atas. Kamu cukup ketikkan nama makanan yang akan kamu masak. Mudah kan?

Tulis Resep

Tak hanya mencari resep. Kalau kamu punya hobi memasak. Kamu bisa loh menuliskan resep kreasimu.

Klik saja menu ‘Tulis Resep’. Lalu ikuti langkah-langkah pengisian formnya.

Karena kamu harus menyertakan foto stp by step saat memasak. Jangan lupa buatlah foto dengan angle dan resolusi yang bagus. Agar resepmu mudah diterima.

Setelah upload resep, kamu harus menunggu proses akurasi terlebih dahulu sebelum resepmu ditampilkan. Maksimal 14 hari kerja.

Dari proses ini kita jadi tahu nih. Bahwa semua resep di Yummy App bukanlah resep sembarangan. Semua harus melewati proses peninjauan dari Tim Chef Yummy App. Pastinya, mereka adalah chef-chef yang profesional.

Masak

Mengusung tema #MasakItuGampang. Yummy App menyediakan menu ‘Masak’. Melalui menu ini kamu bisa mencari resep makanan berdasarkan bahan-bahan yang kamu punya.

Misal, kamu punya ayam dan bawang bombay. Kamu klik saja pilihan ayam dan bawang bombay yang ada di menu ‘Masak’ ini. Lalu pilih terapkan. Maka berbagai resep masakan berbahan ayam dan bawang bombay akan muncul.

Semakin banyak bahan yang kamu punya, jenis makanan yang direkomendasikan juga akan lebih spesifik.

Notifikasi

Menu notifikasi merupakan tempat pemberitahuan berbagai informasi dan perkembangan dari aktifitas yang kamu lakukan di Yummy App.

Secara berkalah, pihak Yummy App akan merekomendaskan beberapa resep pilihan editor. Jika kamu menulis sebuah resep, perkembangannya bisa kamu pantai di menu ini. Apakah resep berhasil di-upload? Apakah resep sudah disetujui?

Akun

Terakhir adalah menu akun. Menu yang menjadi pusat untuk mengatur dan mengedit segala informasi terkait profilmu.

Mulai dari nama, email, nomor HP, foto, semuanya ada di sini. Pada bagian bawah menu, juga ada berbagai informasi penting. Seperti penjelasan tentang Yummy App, kebijakan privasi, syarat dan ketentuan, serta masukan dan bantuan.

Menu ini juga menampilkan jumlah resep, pengikuti, dan akun yang kamu ikuti. Serta ada informasi terkait Yummy Point.

Jadi, kalau kamu menulis resep di Yummy App kamu bisa mendapatkan poin loh. 1 poin bernilai Rp100. Kamu bisa melakukan redeem atau penarikan ke akun bankmu. Minimal jumlah penarikan Rp250.000,-.

Berapa poin yang bisa kamu dapatkan dari sekali menulis 1 resep? Berdasarkan peninjauan yang saya lakukan dari Syarat dan Ketentua. 1 resep bernilai 100 poin atau Rp10.000.

Selain menulis resep, sebenarnya kamu juga bisa mendapatkan poin dengan kode referal. Sayangnya, untuk saat ini, program ini sedang tidak berjalan. Informasi ini saya dapatkan dari WAG Yummy App Community 2.

Ini adalah group WA resmi dari pihak Yummy App Loh. Keren kan? Mana ada coba aplikasi yang sampai menyediakan group WA bagi para penggunanya.

Kamu juga bisa bergabung di WAG Yummy App Community nantinya. Caranya, klik kategori Event dan Promosi di menu Home. Carilah banner bertuliskan ‘Yuk, Gabung di Yummy App Community!’.

Klik banner tersebut dan ikuti petunjuk yang ada!

Fakta Menarik Yummy App
Fakta Menarik Yummy App

#3 Kelebihan Yummy App Dibanding Aplikasi Sejenis

Yummy App memiliki banyak kelebihan dibanding aplikasi-aplikasi resep sejenis. Kenapa saya bisa berpendapat begini? Karena saya sudah menggunakan aplikasi ini.

Saya pun merasakan langsung kelebihan-kelebihan Yummy App. Apa saja?

Kategori Resep Super Lengkap

Ini adalah hal yang paling saya suka dari Yummy App. Kategori resepnya super lengkap. Kamu bisa mencari resep berdasarkan jenis makanan. Makanan utama, penutup, pembuka, pendamping, camilan.

Bisa juga berdasarkan nama daerah, harga, dan bahan jika mau. Resep minuman juga ada loh.  

Bukan hanya resep rumahan saja. Yummy App juga menyediakan resep untuk ide jualan dan makanan sehat. Benar-benar super lengkap kan?

Pengelolaan Sangat Profesional

Berada di bawah IDN Times. Sebuah media atau situs berita dan entertainment ternama.

Karena itu, Yummy App tentulah bukan aplikasi kaleng-kaleng. Kita lihat saja dari resep-resep yang di-upload.   

Ada 3 jenis resep yang di-upload di Yummy App. Pertama resep dari pengguna yang harus melewati proses akurasi.

Kedua resep dari akun-akun official. Pemilik akun official ini adalah chef profesional, brand prosuk masakan, dan artis ternama. Ada Chef Arnold dan Dimas Back loh.

Ketiga resep dari Tim Chef Yummy App. Mereka adalah tim internal yang terdiri dari chef-chef profesional.

Memiliki Banyak Event dan Promosi

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya. Yummy App bukan sekedar aplikasi resep. Tersedia banyak event dan promosi bermanfaat yang bisa kamu ikuti.

Ada cooking class, program beramal, Yummy Support UMKM, dan berbagai lomba dengan hadiah menarik.

Ruang Untuk Mengembangkan Hobi

Saya berani mengatakan, bahwa kamu bisa mahir memasak hanya dengan Yummy App. Kamu bisa recook resep dari Tim Chef Yummy App. Jika ada rezeki kamu bahkan bisa ikut program cooking class.

Tak hanya itu, Yummy App juga menyediakan berbagai tips dan trick memasak. Nah kamu bisa mempelajarinya.

Makanya, kalau kamu hobi memasak dan mau mengembangkannya. Download Yummy App segera ya!

Bikin Resep Microgreen di Yummy App

Awalnya saya memang ingin mencari resep saja. Tapi saya juga tertarik untuk mencoba membuat resep di Yummy App.

Karena saya juga panen microgreen, jadi deh saya membuat resep kreasi urap microgreen. Rasanya senang sekali, sebab ini adalah resep pertama saya yang saya share ke publik. Melalui Yummy App tentunya.

Resep urap saya sedikit berbeda dari urap biasanya. Ini adalah resep turun temurun di kampung saya. Lebih lengkapnya, jangan lupa follow akun saya @luluksobari di Yummy App.

Boleh deh nanti kalian recook resep saya. Tapi mohon bersabar, soalnya resep saya saat ini masih dalam proses akurasi. Semoga segera mendapat persetujuan dari para Tim Chef Yummy App.

Ke depan saya masih akan menggunakan aplikasi ini. Selain untuk mencari inspirasi berbagai resep. Saya juga mau menulis resep-resep tradisional ala kampung saya.

Resep microgreen
Resep pertama saya di Yummy App

Kesimpulan

Mulai sekarang, tak usah bingung-bingung saat ingin memasak. Kamu gunakan saja Yummy App. Di aplikasi ini kamu bisa menemukan berbagai jenis masakan dan minuman.

Selain mencari resep. Kalau kamu suka memasak kamu juga bisa ikutan membuat resep loh. Lumayakan, bisa untuk latihan mengembangkan keterampilan memasak.

Yummy App ini memiliki banyak keunggulan. Kategori resepnya super lengkap. Dikelola secara profesional. Ada banyak event dan promosi yang bisa kamu ikuti.

Pokoknya, download Yummy App sekarang juga!

Bagikan

3 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *