Asus Vivobook 15 A516

Menebar Semangat Berkebun di Rumah dengan Dukungan ASUS VivoBook 15 A516

ASUS VivoBook 15 A516 – Tak terasa sudah memasuki tahun ketiga sejak saya membuat blog kopijagung.com. Mulanya hanya bermodal keinginan untuk bisa memublikasikan tulisan sendiri. Tapi sekarang, blog ini sudah menjadi rumah bagi saya untuk terus berkarya.

Berbicara soal karya, tepat di bulan Juni tahun 2021 ini. Saya sudah merencanakan hal baru untuk kopijagung.com. Rencana apakah itu? Saya akan menceritakannya dengan lengkap pada tulisan kali ini. So, Keep reading!

Perjalanan Blog Kopi Jagung

Dulu, saya tak begitu mengetahui soal dunia blogging. Di benak saya hanya terdapat keinginan untuk membuat blog dengan akhiran [dot]com.

Seiring berjalannya waktu, saya pun jadi tahu. Blog dengan akhiran [dot]com masuk kategori blog TLD. Singkatan dari Top Level Domain.

Setelah mencari informasi lewat google, saya jadi paham satu hal. Untuk membuat blog TLD saya butuh yang namanya hosting dan domain.

# Alasan di Balik Nama Domain Kopijagung.com

Kenapa sih harus kopijagung.com? Saya lulusan fakultas pertanian. Suka yang namanya tanaman dan kegiatan berkebun. Tentu saja saya ingin nama domain saya bertema tanaman.

Tapi, nama tanaman apa ya yang cocok? Saya pun langsung teringat Ibu saya. Beliau menjual kopi jagung yang diproduksi sendiri. Kopi jagung buatan Ibu saya laris manis loh di kampung saya. Merasa cocok, tanpa ragu saya memilih nama domain kopijagung.com.

# Kebun Kopi Jagung, Mimpi Seorang Luluk Sobari

Blog kopijagung.com mulanya adalah blog personal. Berisi tulisan dengan beragam tema. Bahkan ada tulisan fiksi berupa cerpen dan cerpen anak.

Memasuki akhir tahun 2020. Saya mulai fokus menulis tentang dunia flora, pertanian, dan lingkungan. Sesuai dengan hobi, minat, dan pengalaman saya. Tapi tema-tema lain tetap saya tulis jika dibutuhkan.   

Sejauh perjalanan hidup saya sampai saat ini. Ada 1 mimpi yang belum terwujud. Yakni memiliki sebuah kebun edukasi. Di mana  kebun tersebut nantinya bisa menjadi tempat bagi siapa saja yang ingin belajar cara berkebun dan pengelolaan sampah di rumah.

Maka, pada Juni 2021 ini, saya bertekad untuk merealisasikan mimpi itu. Kini saya mulai merintis kebun edukasi bertajuk Kebun Kopi Jagung. Nantinya akan terintegrasi dengan bisnis penyediaan perlengkapan berkebun di rumah.

Untuk menyokong rencana tersebut, saya melibatkan blog kopijagung.com. Ke depannya, blog ini bukan hanya blog yang berbagi informasi tentang dunia flora dan pertanian. Tapi juga akan menjadi media dokumentasi kegiatan dan promosi dari Kebun Kopi Jagung.

Jatuh Cinta dengan ASUS VivoBook

Agar rencana ini dapat berjalan lacar, saya membutuhkan fasilitas yang mumpuni. Salah satunya adalah laptop yang modern dan canggih.

Laptop tersebut saya perlukan untuk menulis, mengatur toko online, membuat desain banner promo dan feed instagram, menyimpan berbagai file seperti foto dan video.

Apalagi saya juga akan membuat kanal youtube Kebun Kopi Jagung. Berisi video-video praktik bertanam di rumah. Jadi saya butuh laptop yang kompatibel untuk memproduksi video-video tersebut.

Jika ditanya ingin memiliki laptop apa? Tentu saja saya akan menjawab ASUS VivoBook. Soalnya saya punya pengalaman baik dengan ASUS.

Asus Vivobook Tipe A407M
ASUS VivoBook A407M yang sudah saya jual. Sengaja foto dipercantik agar banyak yang menawar.

# Kenangan Bersama ASUS VivoBook Tipe A407M

Sekitar tahun 2018 saya membeli ASUS VivoBook tipe A407M warna silver. Saya suka banget dengan Asus saya yang satu ini. Tipis, stylish, ringan dan cepat.

Asus VivoBook A407M sangat mendukung pekerjaan saya kala itu. Sebagai seorang guru, setiap hari saya berkutat dengan berkas-berkas pembelajaran. Saya juga harus mencari dan menyimpan banyak file referensi untuk mengajar.   

Sayangnya, di awal-awal pandemi COVID-19, karena satu dan lain hal. Saya terpaksa menjual ASUS VivoBook tipe A407M saya. Dan sampai sekarang saya belum mampu membeli ASUS VivoBook yang baru.

Beruntungnya, ada notebook lama milik Mbak saya. Jadi kegiatan menulis saya tetap bisa berjalan dengan baik.

# Keinginan untuk Berkarya Ditemani ASUS VivoBook 15 A516

“Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.”

Saat bepergian saya juga suka membawa PC modern baik laptop atau pun notebook. Dengan membawa PC modern saya bisa bekerja dan menulis di mana pun saya berada.

Karenanya saya ingin sekali punya laptop ASUS VivoBook 15 A516. Agar saya bisa mengelola Kebun Kopi Jagung dari mana saja. Kenapa harus ASUS VivoBook 15 A516?

Saya sudah membaca informasi tentang ASUS VivoBook 15 A516 di portal resmi ASUS Indonesia. Seketika saya langsung jatuh cinta. Sumpah keren banget. Laptop ini punya banyak keunggulan.

Sepsifikasi ASUS VivoBook 15 A516

“Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2019. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda.”

Dengan memiliki ASUS VivoBook 15 A516, kamu maupun saya bisa memiliki PC yang dilengkapi dengan Office Home & Student 2019. Yakni program yang menyajikan aplikasi office (Word, Excel dan PowerPoint) versi 2019 klasik. Dan yang terpenting, semuanya 100% orisinil.

Itu baru sebagian dari keunggulan yang dimiliki ASUS VivoBook 15 A516. Lebih rinci, berikut saya jelaskan spesifikasinya.

Warna Asus Vivobook 15 A516

#1 Desain, Stylish and Portable

Bobot ASUS VivoBook 15 A516 1,8 kg saja. Sangat ringat sehingga cocok disebut laptop portabel karena mudah di bawa ke mana-mana. Tersedia dalam dua warna cantik, transparent silver dan slate grey

#2 Prosesor dan RAM (Random Acces Memory), Super Cepat dan Super Efisien

Prosesor layaknya otak pada komputer. ASUS VivoBook 15 A516 didukung oleh prosesor Intel® Core™ i5 generasi ke-10.

“Laptop dengan prosesor Intel® Core™ 10th Gen series ke atas didesain untuk performa dan mobilitas. Dengan efisiensi yang tinggi serta dimensi thin and light, laptop menawarkan peningkatan performa dan produktivitas untuk penggunanya. Konektivitas WiFi generasi terbaru juga memungkinkan transfer data 3x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.”

ASUS VivoBook 15 A516 dilengkapi dengan RAM 8GB dan grafis diskrit NVIDIA® MX330. RAM 8GB cukup mendukung jika saya ingin menginstal aplikasi pengeditan video dasar.

#3 Ruang Penyimpanan Ganda

ASUS VivoBook 15 A516 didesain dengan ruang penyimpanan ganda. Terdapat pilihan SSD PCIe® hinggai 256GB dan HDD hingga 1TB. SSD bisa digunakan untuk menyimpan aplikasi. HDD untuk menyimpan file-file besar seperti filem, koleksi musik, dan foto. Dengan ruang penyimpanan yang besar ini, saya bisa bebas menyimpan banyak file.

#4 Layar NanoEdge

Layar pada ASUS VivoBook 15 A516 berupa layar NanoEgde. Yakni desain layar dengan bezel (frame layar bagian luar) yang tipis. Efeknya, meski ukuran layar besar namun bodi laptop tetap ramping.  

Lebarnya 15,6” dan resolusi Full HD dengan sudut pandang 1780. Memiliki lapisan anti-silau. Bekerja di tempat terang pun, mata tetap merasa nyaman.

#5 Keyboard Full-Size dengan Backlit

ASUS VivoBook 15 A516 memiliki keyboard full-size yang disertai backlit (lampu pada keyboard). Sehingga bekerja di ruangan yang gelap tak lagi jadi masalah.

Key travel (jarak antar tuts hingga ke bagian dasar) pada keyboard yakni 1,4 mm. Jarak ini dapat memberikan pengalaman mengetik yang lebih nyaman dan cepat. Sebagai orang yang suka menulis tentu saya sangat membutuhkan pengalaman ini.

#6 Ports, Constanly Connected

Colokan atau Ports merupakan komponen penting pada komputer. Berfungsi sebagai sarana konektivitas antara laptop dengan periferal, layar, maupun proyektor.

Ports pada ASUS VivoBook 15 A516 ada USB-C® 3.2, USB 3.2 Tipe-A, USB 2.0, output HDMI, dan microSD reader. USB-C® 3.2 sendiri didesain dapat diputar balik dengan kecepatan transfer 10x lipat lebih cepat dari USB 2.0.

#7 Protection

ASUS VivoBook 15 A516 dilengkapi dengan sensor sidik jari di touchpad dan Windows Hello. Dengan adanya sensor sidik jari ini, mengakses Asus Vivobook 15 A516 jadi lebih mudah. Tak perlu lagi mengetikkan sandi setiap saat.

Selain sistem sensor sidik jari, terdapat juga sistem proteksi internal. HDD memiliki fitur peredam getaran HDD E-A-R®. Fitur ini bisa melindungi HDD dari benturan. Sehingga kehilangan data akibat kerusakan HDD bisa dihindari.  

Ringkasan spesifikasi ASUS VivoBook 15 A516

Berkebun di Rumah Itu Menyenangkan

Saya selalu menggambarkan diri saya sebagai a woman who love writing and gardenging. Kegiatan menulis sudah saya lakoni dengan menjadi bloger. Untuk kegiatan berkebun, saya sedang merintis Kebun Kopi Jagung.

Untuk saat ini, Kebun Kopi Jagung masih sebatas kebun kreasi. Di mana saya akan melakukan praktik berkebun di rumah secara personal.

Ke depan saya berharap Kebun Kopi Jagung bisa menjadi kebun edukasi. Tempat semua orang bisa belajar cara berkebun di rumah. Sebab berkebun di rumah itu menyenangkan.

Dalam mengembangkan Kebun Kopi Jagung, saya membutuhkan laptop yang kompatibel. Untuk promosi online, menuliskan kegiatan praktik, membuat video, menyimpan foto untuk sosial media, dan sebagainya.  

Pilihan saya tentu saja jatuh pada ASUS VivoBook 15 A516. Laptop dengan banyak keunggulan dan memberikan kenyamanan pada penggunanya. Saya berharap, semoga ada rezeki untuk saya bisa memilikinya.

Itu dulu ya teman-teman untuk cerita saya hari ini. Mohon doa dan dukungannya untuk Kebun Kopi Jagung!

“Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS – 15 Inch Modern PC. Bigger Dream, Wider Screen Writing Competition bersama dewirieka.com

Referensi: https://www.asus.com/id/Laptops/For-Home/Everyday-use/A516

Bagikan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *