List Perawatan Motor Sebelum Touring

List Perawatan Motor Sebelum Touring Bersama Kawan

Libur akhir tahun telah tiba! Sudah waktunya bawa motor buat touring. Tapi, pastikan kita sudah menyelesaikan semua list perawatan motor sebelum toruing bersama kawan ya, Gaes!

Bagi pecinta touring, pasti tahu bahwa persiapan bukan hanya menyangkut kebutuhan diri saja. Memastikan motor dalam kondisi prima juga penting sekali.

Kita pasti nggak mau menghadapi masalah dalam perjalanan karena ada komponen motor yang bermasalah. Toh, kita nggak perlu mengerjakan semua list yang ada untuk merawat motor sendiri kok.

Bawa saja ke service motor terdekat! Mereka yang akan mempersiapkan kondisi motor biar fit untuk touring bersama kawan selama liburan. Memang apa saja sih listnya?

List Perawatan Motor

Pecinta touring mungkin sudah berkawan akrab sama bengkel service motor, kayak Planet Ban. Mereka punya list dalam merawat motor dan nggak pelit buat berbagi.

Kalau pun kita nggak pengen bawa motor ke tempat mereka, kita tetap bisa melakukannya sendiri di rumah.

Ada pun tips merawat motor sebelum touring bersama kawan adalah sebagai berikut:

1. Cek Kondisi Ban Motor

Komponen paling vital yang harus kita periksa secara menyeluruh agar perjalanan kita aman dan nyaman saat touring adalah ban motor. Hal-hal yang perlu kita cek, antara lain:

  • Tampilan luar ban motor. Mungkin ada keretakan atau sobekan.
  • Alur ban. Pastikan alunya nggak menipis.
  • Tekstur ban. Halus atau bergelombang?

Kalau memang perlu kita ganti, jangan ragu buat datang ke Planet Ban terdekat. Planet Ban menyediakan ban motor dengan berbagai merek dan ukuran. Kita bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan sepeda motor.

Sedangkan untuk ban yang baru. Kita tetap harus memastikan tekanan udaranya dalam kondisi normal.

2. Cek Kondisi Rem

Selain ban, komponen yang nggak kalah penting untuk keamanan dalam perjalanan adalah rem. Kita harus memastikan kondisi rem dalam keadaan baik saat touring bersama kawan.

Jika memang kondisinya sudah terlalu dalam ketika kita tekan tuasnya, maka kita perlu mengganti kampas rem.

Biasanya, pengecekan keausan pada rem akan dilakukan secara menual dengan indikator penunjuk yang ada di setiap dinding tromol.

Kalau memang dinding tromol sudah sejajar dengan tanda batas, maka kita perlu segera mengganti kampas tromol (brake shoe).

Cek juga rem cakramnya! Kita perlu melihat ketebalan kampas atau piringan rem. Hal ini untuk mengurangi risiko yang nggak kita harapkan selama touring bersama kawan.

Related Post:

3. Cek Kondisi Oli Mesin

Memang sih, sudah ada panduan soal kapan waktu mengganti oli. Cuma kalau untuk kepentingan touring, sebaiknya kita mengganti oli sebelum berangkat.

Pakai saja oli yang memang untuk perjalanan jarak jauh. Bila perlu cek kandungan yang ada dalam oli yang ingin kita gunakan.

Kandungan ester misalnya. Ester adalah kandungan yang mampu menjaga tingkat kepanasan mesin motor sehingga suhu mesin tetap stabil.

Salah satu oli yang mengandung ester dengan harga terjangkau adalah oli eksklusif dari Planet Ban, yaitu oli X-Ten. Kandungan ester dalam oli X-Ten bisa menjaga suhu mesin dengan stabil walau pun dalam torsi tinggi.

Sudah gitu, kita bisa menggunakan oli ini sampai 5000 kilometer jarak perjalanan lho. Cucok bangetlah buat touring bersama kawan!

4. Periksa Aki Motor

Nggak enak banget, daya listrik motor bermasalah pas lagi touring! Susah ngidupin mesin motor cuma pakai tombol start doang, Gaes! Motor kita jadi nggak bisa gercep tancap gas.

Oleh karena itu, pemeriksaan aki motor juga harus masuk list perawatan motor sebelum touring bersama kawan. Biar daya listrik sepeda motor kita terjaga dengan baik.

Aki motor kita nggak boleh dalam kondisi bocor, karat apalagi rusak. Kalau motornya pakai aki basah, kondisi air aki harus berada di batas normal.

Kalau memang perlu ada penggantian aki, lakukan saja! Ketimbang kita menjadi penghambat perjalanan kawan touring yang lain karena aki yang bobrok. Bakalan nggak asyik deh touringnya.

5. Cek Sistem Pendingin

Ada nih bagian motor yang sering kita lewatkan saat perawatan, yaitu sistem pendingin. Hal ini karena letak komponennya nggak terlihat mata. Jadi, berasa nggak penting.

Padahal, kalau sistem pendingin motor bermasalah maka bisa bikin mesin overheat. Karena panas nggak mampu teredam dengan baik.

Makanya, sebelum touring, mending kita juga memeriksa kondisi air coolant dalam indikator. Apakah sudah mencukupi atau masih perlu kita tambah lagi? Biar temperatur mesin bisa terjaga secara optimal.

6. Periksa Busi

Pernah nggak sih melihat motor mogok di jalan? Terus pas dicek ternyata businya kotorlah. Harus digantilah.

Touring ‘kan bukan perjalanan jarak dekat! Kita butuh kondisi mesin yang optimal tanpa ada drama mogok di jalan.

Sehingga, list perawatan motor yang nggak kalah penting dan harus kita periksa sebelum berangkat adalah busi.

Kalau businya cuma kotor sih enak. Kita hanya perlu membersihkannya. Tapi, kalau memang businya sudah aus, mending kita ganti busi baru dah.

Kondisi busi yang nggak optimal bisa bikin sistem perapian motor terganggu atau malah nggak bekerja sempurna. Males banget dah kalau harus berhadapan sama motor mogok pas touring. Apalagi kalau bengkelnya jauh. Dorongnya capek, euy!

Related Post:

7. Cek CVT dan Rantai

Hal yang nggak kalah penting soal mempersiapkan motor untuk perjalanan jauh adalah sistem penggeraknya. Secara logika, kalau sistem penggeraknya bermasalah, gimana kita bisa memacu motor?

Sistem penggerak ini berfungsi melakukan transfer tenaga ke roda. Motor matic punya komponen CVT, sedangkan sepeda motor bebek dan sport menggunakan rantai untuk sistem penggeraknya.

Pastikan CVT dan rantai motor nggak bermasalah sebelum berangkat touring. Biar kinerja tenaga oleh mesin bisa maksimal.

Planet Ban Membantu dalam Menyelesaikan List Perawatan Motor Sebelum Touring dengan Kawan

Bagi kawan-kawan yang nggak mau mempersiapkan kondisi motor buat touring sendiri! Kalian bisa minta bantuan sama Planet Ban lho. Tips merawat motor dari mereka tuh selalu oke.

Kita juga bisa minta mereka untuk melakukan pemeriksaan dan penggantian komponen spare part motor yang kita butuhkan. Planet Ban nggak hanya menyediakan ban motor. Mereka juga punya spare part lain yang berkualitas, kayak aki, kampas rem, air coolant dan busi.

Menariknya lagi, kita bisa minta layanan Servis Rasa Mesin Baru. Layanan ini tuh bisa meningkatkan kinerja sepeda motor jadi kayak motor baru.

Selain itu, kalau hanya mau konsultasi soal kondisi sepeda motor pada mekanik Planet Ban. Selain datang langsung ke toko Planet Ban terdekat, kita bisa melakukannya secara online lho. Tanpa biaya pula.

Tinggal hubungi . Mereka punya Tim Konsultasi Online Planet Ban yang bisa membantu kita!

Semoga bermanfaat.

Related Post:
Bagikan

11 comments

  1. Baru tau ternyata Motor matic itu Perawatanya mudah asal rutin seperti ganti oli, ganti kampas rem, ganti filter udara. Nah sekarang sudah ada tempat yang nyaman untuk melakukan perawatan yaitu Planet Ban

  2. Wah, makasih infonya, Mbak. Ternyata selain ganti ban, bisa cek segala kondisi motor juga di Planet Ban, yaaa. Bermanfaat banget nih, infonya, buat emak-emak yang kadang mager buat cek2 sendiri kondisi motor. Padahal general check up motor itu hal yang penting banget, ya. Apalagi kalau motornya mau dipakai untuk menempuh perjalanan jauh.

  3. Aku tuh suka lihat berita-berita krusial banget masalah rem ya. Apalagi yang liburannya ke daerah dataran tinggi atau gunung gitu pakai sepeda motor. Banyak yg mesin mati, kepanasan, rem blong. Emang sepenting itu deh konsultasi dan servis sebelum liburan.

  4. Wuih asyiknya touring bareng teman-teman. Tapi jadi nggak asyik kalau di tengah jalan motor kita ada masalah ya. Lebih baik dicek dulu ke Planet Ban atau konsultasi dulu via online.

  5. Wuih asyiknya touring bareng teman-teman. Tapi jadi nggak asyik kalau di tengah jalan motor kita ada masalah ya. Lebih baik dicek dulu ke Planet Ban atau konsultasi dulu via online.

  6. ternyata gak cuma harus cek ban, oli dan rem aja ya yang harus dicek sebelum touring, banyak bagian yang harus dipastikan dalam kondisi baik biar touringnya pun juga jadi lancar ya, biar gak ngerepotin kawan touringnya juga selama di perjalanan.

  7. Banyak yang perlu diperhatikan kalau mau melakukan touring, terutama kondisi motornya. Tips ini berguna banget nih sebagai ceklis perawatan apa saja yang wajib dilakukan sebelum touring.

  8. Perempuan kadang ada yang nggak paham urusan permotoran, taunya makai aja he he padahal motor juga perlu dirawat terutama kalau mau dipakai jauh. Untungnya ada Planet Ban dan cabangnya banyak, bisa konsultasi gratis juga. Ada perlunya juga baca-baca soal perawatan motor dan kalau mau ganti ban atau oli, ke Planet Ban aja yang terpercaya.

  9. Nggak kebayang kalau lagi asyik-asyik touring eh motornya mogok karena nggak dicek atau nggak rajin dirawat. Kalau motor rutin dicek insyaa Allah lebih aman dan nyaman dipakai berpergian. Kalau bingung seputar urusan motor bisa konsultasi dulu ke Planet Ban.

  10. Dulu waktu masih di Bogor, saya langganan periksa motor di Planet Ban, kebetulan bengkelnya deket rumah, ganti ban tubles juga di sana.

    Layanannya bagus dan gercep.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *