Stasiun Manggarai, Dulu, Kini, dan Nanti

Stasiun Manggarai, Dulu, Kini, dan Nanti – Setiap kali transit di stasiun Manggarai, saya selalu merasa terjebak di tiga masa sekaligus. Masa dulu, kini, dan nanti. Saya merasa berada di masa dulu ketika menatap bangunan lama Stasiun Manggarai yang merupakan bangunan peninggalan Belanda. Saya merasa berada di masa kini saat melihat orang-orang tumpah ruah naik-turun KRL (Kereta Rel Listrik) dan memenuhi area peron. Saya merasa berada di masa nanti (masa depan) saat  melihat pembangunan di stasiun Manggarai yang terus dikebut. Mau merasakan apa yang saya rasakan? Terus lanjutkan membaca tulisan saya ya!

Stasiun Manggarai Dulu

Wilayah Manggarai sudah dikenal sejak abad ke-17 dan merupakan tempat tinggal dan pasar budak asal Manggarai, Flores. Dulu, Manggarai masuk dalam wilayah Gementee (setingkat kotamadya) Meester CornelisNederlansch-Indische Spoorweg Maatschappij (NISM) sejak 1873.

Setelah NISM pailit alias bangkrut sejak 1913 seluruh jaringan rel kereta api di Batavia dan di Meester Cornelis dikuasai oleh perusahaan kereta api negara Staatsspoor en Tramwegen (SS). Barulah dibangun stasiun Manggarai pada 1914 dan diresmikan pada 1 Mei 1918. Pembangunan stasiun Manggarai dipimpin oleh arsitek Belanda bernama Ir. J. Van Gendt. Kereta api yag melewati stasiun Manggarai adalah kereta api barang yang mengangkut hasil perkebunan untuk di ekspor melalui Pelabuhan Tanjung Priok dan kereta api penumpang yang bepergian ke kota.

Pada masa awal kemerdekaan yaitu pada 1946, stasiun Manggarai menjadi saksi bisu perjalanan Ir. Soekarno dan Moh. Hatta menggunakan Kereta Luar Biasa (KLB) dalam rangka pemindahan Ibu Kota ke Yogyakarta. Pada tahun yang sama, stasiun Manggarai juga menjadi tempat pemberhentian Jendral Soedirman dan staf Letjen Oerip Soemardjo untuk menghadiri diplomasi gencatan senjata Perjanjian Linggarjati dengan Belanda di Jakarta.

Stasiun Manggarai Kini

Stasiun Manggarai merupakan stasiun kereta api kelas besar tipe A yang terletak di Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan. Memiliki predikat sebagai stasiun terbesar di Jakarta dan stasiun tersibuk di Indonesia. 726 kereta setiap harinya melintas dan jumlah penumpang yang turun dan naik untuk transit mencapai 100.000 lebih. Info ini saya dapatkan dari sebuah artikel berita di kompas.com

Stasiun Manggarai memiliki 9 jalur aktif. 7 jalur digunakan untuk pemberhentian Commuter Line atau KRL, dan 2 sisanya digunakan untuk pemberhentian kereta Bandara. Saat ini stasiun Manggarai memang hanya melayani KRLdan kereta Bandara. Sementara untuk kereta jarak jauh biasaya hanya melintas saja.

Di stasiun Mangarai ini juga terdapat Dipo penyimpanan kereta-kereta api
besar. Bersebelahan dengan Dipo terdapat Balai Yasa Manggarai yaitu bengkel
bagi kereta-kereta penumpang. Tidak jauh dari stasiun juga terdapat dipo KRL Bukit Duri yang merupakan tempat penyimpanan dan perawatan KRL.

Stasiun Manggarai Nanti

Sejak 2017, renovasi stasiun Manggarai dimulai dengan menambahkan bangunan baru dengan arsitektur modern minimalis futuristik. Renovasi ini ditargetkan selesai pada 2021, sebab pada tahun tersebut stasiun Manggarai akan mengganti peran stasiun Gambir sebagai stasiun sentral. Nantinya stasiun Manggarai akan melayani semua rute perjalanan kereta api mulai dari
KRL, kereta bandara, kereta api jarak jauh, hingga kereta barang. Sementara
stasiun Gambir hanya melayani KRL, KA Wisata, dan KA Kepresidenan. Sebelumnya stasiun Gambir tidak disinggahi oleh KRL dan hanya dilewati saja karena kapasitasnya yang tidak memadai.

Bangunan stasiun Manggarai yang baru akan memliki 3 tingkat/lantai. Lantai satu akan dijadikan tempat pelayanan terhadap penumpang seperti pelayanan ticketing untuk semua jenis kereta. Lantai dua akan memiliki 10 jalur kereta untuk pemberhentian kereta KRL dan kereta jarak jauh. Kemudian lantai tiga akan memiliki 6 jalur kereta untuk pemberhentian KRL jurusan bekasi dan Kereta Bandara. Bangunan lama stasiun Manggarai yang merupakan peninggalan Belanda tentu saja akan tetap dilestarikan karena merupakan bangunan cagar budaya yang telah berumur 100 tahun lebih.

Huffff…. Sejak dulu sampai kini ternyata stasiun Manggarai merupakan stasiun yang super sibuk. Di masa mendatang stasiun ini rupanya akan lebih sibuk lagi. Nah, agar kamu bisa merasakan apa yang saya rasakan, merasa berada di tiga masa dalam sekali waktu. Jika kamu sempat transit di stasiun Manggarai, maka sempatkanlah berdiam diri sejenak untuk mengamati semua area stasiun Manggarai dan apapun yang sedang terjadi. Cobalah, seru kok!

Itulah kisah Stasiun Manggarai Kini dan Nanti.

Diolah dari berbagai sumber!

Bagikan
About Luluk Sobari 32 Articles
Hai! Saya Luluk Sobari. Seorang perempuan yang suka membaca, menulis, dan berkebun. Semoga tulisan-tulisan saya dalam blog ini dapat memberikan manfaat untuk kalian semua meski hanya sedikit.

72 Komentar

  1. Yes, Manggarai menjadi stasiun tersibuk. Padat sekali lalu lintas kereta di sini. Makanya, kalau naik commuterline dari Bogor yang turun mulai stasiun Gondangdia sampai Jakarta Kota, seringkali perjalananya terhenti cukup lama jelang memasuki stasiun ini.

    Jadi, cukup waktu banget kalau mau merenungkan berdiam sejenak di sekitar stasiun ini karena berhentinya lumayan lama, hahaha …

    Oiya, membaca tulisan ini aku jadi kenapa ada Pasar Mester di Jatinegara. Ternyata berasal dari Bahasa Belanda, ya. Thanks infonya ya, Mbak.

  2. Yes, Manggarai menjadi stasiun tersibuk. Padat sekali lalu lintas kereta di sini. Makanya, kalau naik commuterline dari Bogor yang turun mulai stasiun Gondangdia sampai Jakarta Kota, seringkali perjalananya terhenti cukup lama jelang memasuki stasiun ini.

    Jadi, cukup waktu banget kalau mau merenungkan berdiam sejenak di sekitar stasiun ini karena berhentinya lumayan lama, hahaha …

  3. Dari dulu hanya tahu namanya saja, tetapi belum pernah ke tempat ini. Maklum, bukan warga ibu kota dan hanya beberapa kali ke kota Jakarta. Mudah-mudahan, nanti kalau berkunjung ke sini bisa mampir ke stasiun ini.

  4. Dari Bandung ke Jkt, kayaknya lewatin Manggarai ya sebelum masuk Gambir? Aku blm pernah deh turun sini, krn engga berhenti. Tapi emang sih daerah Manggarai super sibuk, apalagi pas di bawah terowongan itu…

    • ya kak, katanya dulu kotor. Sekarang Alhamdulillah sudah bersih dan teratur. Orang-orang sudah terbiasa juga sekarang.

  5. Manggarai oh Manggarai, saya pas zaman masih jadi anker (anak kereta) di Jakarta dulu sering banget ‘hilang’ di stasiun ini karena kebingungan. Hahahaha. Sering juga ketiduran di kereta dan kelewat beberapa stasiun, sebel banget kaaan harus balik lagi ke Manggarai. Semoga semakin tertata semakin rapi semakin nyaman pastinya.

    • Hahaha… sama banget dengan saya awal-awal… sekarang sudah hafal lantaran suka ngantri lama di stasiun ini buat menunggu kereta selanjutnya.

    • Hehehe… kondisi tahun 2000 seperti apa mbak? soalnya saya baru tahun 2015 merantaunya dan tahu stasiun ini.

  6. Statiun manggarai banyak tukang jajanan enak-enak sepanjang rel seperti pisang goreng tanduk dan makanan di dalam statiun juga enak. Pokoknya sekarang lebih tertib dan nyaman buat penumpang

  7. Belum pernah ke stasiun Manggarai. Baru 2 kali pergi ke Jakarta, yg pertama cuma ‘mampir’ di Bandara Soeta aja lanjut ke Sentul. Yang ke 2 nya cuma di rumah saudara daerah Jelambar.
    Lihat dari fotonya, padat dan ramai sekali ya stasiun Manggarai ini. Setelah renovasi selesai pasti akan lebih bagus dan rapi, apalagi akan dijadikan stasiun sentral.

  8. Ini stasiun favorite saya. karena apa? karena banyak jajanan ahahahaha. Kalo pagi, di dekat halte SMK itu banyak jajanan enak2, kayak somay, dan combro. cobain deh. di dalem juga ada udon di Lawson yg sering mengganjal perut lapar

  9. Manggarai bersih ya. Itu orang-orangnya pun tertib, antri engga boleh lewat garis, ya diikuti saja … Kan kalua terbiasa tertib, selamanya tertib deh. Semoga Jakarta makin nyaman untuk ditinggali yah…

    • Ya Mbak. Sekarang orang-orang mulai paham. Meski dulu para securitynya harus berjuang keras untuk memperingatkan mereka.

  10. kalau dari kota Malang mennuju Jakarta, saya selalu turun di stasiun ini. karena kebetulan saudara saya rumahnya lebih dekat dari stasiun manggarai. ternyata sejarahnya cukup panjang ya..

  11. Kalau ingat Manggarai kok saya jadi ingat film hantu ya hihihi
    Saya bahkan belum pernah sama sekali tahu statiun ini, cuman familier karena ingat judul film ya kalau nggak salah 🙂

  12. semoga stasiun manggarai ini tetap digunakan oleh masyarakat dalam melakukan pekerjaan bearti kita harus berterimakasih kepada pemerintah di Indonesia sudah peduli dengan fasilitas umum dan menjaga.

  13. Sebagai pengguna krl sejak dulu kala aku ingat betul bagaiman stasiun manggarai ini bertransformasi dari yang sumpek, kotor, dan berantakan hingga jadi seperti sekarang
    Belum sempurna sih, tapi melihat pembangunan dan perbaikan yang terus dilakukan, aku optimis kita bisa punya stasiun besar dan modern yang bagus

    • Aamiin, kalau saya sudah tahu manggarai yang lumayan bagus seperti sekarang mbak. Soalnya baru merantau tahun 2015.

  14. Itu stasiun andalanku mba, mau kemana-mana pasti kesitu. Semoga sih pembangunannya cepet jadi yaa, dan ada solusi juga biar penumpang terangkut entah nambah armada or apalah karena kalo udah rush hour ya ampun rebutan dan desak-desakannya itu loh.

  15. Wah, saya beberapa kali naik/turun di stasiun Manggarai, tidak memperhatikan bentuk bangunannya. Sempat kepikiran juga sih, kenapa namanya Manggarai, seperti di Flores sana.

    Wah, perlu lebih melihat kalau ke Jakarta lagi, dan ke stasiun ini.

  16. Membaca ini, saya jadi ingat bahwa sudah lama tidak beredar di sekitar Maggarai dan turun di stasiunnya.
    Dulu Pasar Raya Manggarai termasuk tujuan belanja yang ramai.

  17. Semoga stasiun Manggarai nnanti yg modern, jg diikuti dengan perkembangan mental pengguna2nya. Meski saya jarang naik kereta apalagi komuter, sering gmn gitu pas mo keluar gerbong aja masih ada aja yg maksa masuk. haduh.

  18. Ternyata sudah dari abad ke 17 stasiun tersebut beroperasi,tentu banyak kisah disana.
    Terlebih lagi bangunan kolonial belanda tempo dulu
    Semoga apa yang seharusnya diperbaiki,segera direalisasi agar pengguna nya merasa nyaman

    • ya Kak… Bangunan lamanya sudah jadi bangunan cagar budaya. semoga tetap terjada. dan Orang-orang ikut merawatnya.

  19. Makin lama makin bagus ya kak. Dan utk kedepannya kayanya Manggarai baakalan tambah baik lagi bangunannya, dan makin rameee. Tapi, semoga gak mskin padat yaaa isi setiap gerbongnya. Kadang kasian banget mesti himpit2an

  20. Mungkin nunggu Stasiun Manggarai nanti, di masa udah jadi ya. Biar sekalian lihatnya. Kebayang bagaimana sibuknya

  21. Sebagai orang yang bukan warga jakarta, saya nggak apal stasiun ini. Hanya pernah denger namanya saja. Ternyata udah lama banget ya, sejak jaman kolonial. Nggak heran ada beberapa yang bilang stasiun ini rada spooky gitu. Eh bener nggak sih? Hehehehhe…

  22. Semoga lekas jadi dan bisa dinikmati oleh para anker. Keren juga ya sampai dua lantai gitu. Tapi saya belum pernah ke stasiun Manggarai juga. Paling kalo naik kereta ke Jakarta turunnya di Senen, Jatinegara, dan paling sering di Gambir.

  23. walaupun menjadi stasiun yang super sibuk, orang-orang yang ada di stasiun Manggarai saya rasa lebih ramah dan satntai di banding beberapa stasiun lain. Entah juga apa penyebabnya

  24. Aku belom pernah deh ke stasiun Manggarai. Kalo naik kereta api ke Jakarta, aku turunnya selalu di Gambir. Selalu sendirian sih. Dan tahunya cuma Gambir. Tujuan mana pun di Jakarta, turunnya selalu di Gambir. Takut nyasar kalo turun di stasiun lain. Heheheh…

  25. Aku ke stasiun Manggarai 2 bulan lalu dan memang senang berada di sana karena banyak jajanan favorit. Berharap nanti selesai pembangunan, stasiun Manggarai makin cantik dan rapi ya, dan tidak jadi kayak stasiun Senen yang tumplek blek manusia di sana. Aku paling tak tahan euy kalau harus transit di stasiun Senen

  26. hmmm… terakhir turun kereta di manggarai tuh kayaknya hampir 7 tahunan lalu waktu berkunjung ke rumah teman semasa kuliah, dan sudah lupa bentuknya seperti apa. semoga fasilitasnya semakin membaik dan terawat ya mba agar pengguna nya juga nyaman..

  27. Stasiun Manggarai, pernah transit di sini. Sibuk tanya-tanya petugas mengenai arah. Maklum, jarang ke stasiun ini. Tidak terlalu perhatikan detail. Kalau ada waktu coba plesiran ah.

  28. Kesibukan Manggarai sebanding dengan kesibukan dan populasi kota Jakarta. Saya baru naik kereta api, wkwkwkwk semoga kalo main ke jakarta naik kereta api lah…
    BTW apa nanti turunnya disini kalo dari Tasikmalaya??

1 Trackback / Pingback

  1. 7 Fakta Menarik Kepulauan Seribu Yang Wajib Kamu Ketahui - Kopi Jagung

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*