Merk Benih Sayuran Terbaik

5 Merk Benih Sayuran di Indonesia, Mana yang Terbaik?

Merk benih sayuran di Indonesia – Faktor keberhasilan dalam menanam itu salah satunya adalah kualitas benih. Selain media tanam, perawatan yang tepat, dan ketersediaan air dan cahaya yang cukup tentunya.

Benih sebenarnya bisa kamu buat sendiri. Misal dengan mengambil biji dari buah yang sudah matang. Tapi sebagian orang tentunya tidak ingin ribet. Sehingga membeli benih akhirnya jadi pilihan.

Saat hendak membeli benih baik secara offline maupun online. Kemungkinan besar kamu akan menemui 5 merk benih sayuran di Indonesia. Berikut daftarnya.

Baca Juga: Cara Berkebun di Rumah

5 Merk Benih Sayuran di Indonesia

Mengetahui jenis-jenis merk benih itu penting. Setidaknya nanti kamu jadi paham. Kamu lebih cocok pakai merk yang mana.

Karena itu, yuk kenali 5 merk benih sayuran di Indonesia berikut. Sesuai pengalaman saya, kelimanya mudah ditemukan di pasaran baik online maupun offline.

#1. Cap Panah Merah, PT East West Seed Indonesia

 

Benih Cap Panah Merah

Merk benih sayuran yang pertama adalah Cap Panah Merah. Diproduksi oleh PT East West Seed Indonesia. Disingkat EWINDO. Melalui situs resminya, EWINDO menyampaikan bahwa mereka meproduksi benih sayuran yang sehat dengan daya kecambah tinggi. Perusahaan benih ini berpusat di Desa Benteng. Tepatnya di Purwakarta, Jawa Barat.

#2 Bisi, Cap Kapal Terbang

Benih BISIS

PT BISI International Tbk lebih dikenal dengan sebuta BISI saja. Merupakan produsen benih hortikultura, padi, dan jagung. BISI memiliki 3 pabrik utama. 2 unit terletak di Kediri dan 1 unit berada di Mojokerto. Kemudia merk dagangnya adalah Cap Kapal Terbang.

#3 Bunga Matahari Seed

Benih Bunga Matahari Seed

Benih Bunga Matahari Seed merupakan merk dagang milik PT Aditya Sentana Agro. Sama seperti EWINDO. Perusahaan benih ini juga fokus memproduksi benih hortikultura saja.

Pabriknya berada di daerah Karangploso. Tahu gak dimana? Kalau kamu sering ke Malang harusnya tahu ya. Hehehe. Soalnya Karangploso itu ya masuk dalam wilayah Kabupaten Malang.

Baca Juga: 8 Langkah Mudah Berekbun di Rumah

#4 Bintang Asia

Benih Unggul BIntang Asia

Benih unggulan, itulah tagline dari merk benih Bintang Asia. Merk ini diproduksi oleh PT Benih Citra Asia. Lokasi pabriknya ada di Jember, Jawa Timur. PT Benih Citra Asia juga fokus memproduksi benih hortikultura, termasuk jagung.

#5 Known You Seed Indonesia

Known You Seed Indonesia

Dari namanya sebenarnya sudah bisa ditebak. Known You Seed bukanlah merk benih lokal. Di Indonesia hanya ada kantor cabang pemasarannya saja. Terletak di Magelang, Jawa Tengah. Known You Seed sendiri merupakan perusahaan benih milik Taiwan.

Mana yang Lebih Baik?

Merk benih sayuran di Indonesia sebenarnya cukup banyak. Meski tak sampai ratusan, tapi setidaknya sudah mencapai angka puluhan.

Dari semua perusahaan yang memproduksi benih tersebut. Ada yang kepemilikannya 100% lokal seperti Bunga Matahari Seed dan Bintang Asia. Sebagian ada yang investornya dari asing seperti Bisi dan Panah Merah.

Dari semua merk benih yang ada, lantas mana yang terbaik? Pertanyaan ini tak bisa dijawab secara sembarangan. Harus ada tolak ukur yang jelas. Sayangnya sampai saat ini, saya belum mendapatkan referensi yang valid untuk membahasnya.

Baca Juga: Cara Menanam Microgreen di Rumah

Dari semua merk benih yang sudah saya sebutkan di atas. Saya sudah mencoba 4 di antaranya. Panah Merah, Bisi, Bunga Matahari Seed, dan Bintang Asia. Alhamdulillah semuanya tumbuh dengan baik.

Berdasarkan harga juga tak jauh berbeda. Untuk benih kemasan Home Garden, kisaran harganya antara 10 ribu sampai 15 ribu rupiah.

Sementara utuk Known You Seed, saya baru akan mencobanya. Terkait harga, Known You Seed juga lebih mahal dibanding dengan 4 merk benih lainnya. Mungkin karena hitungannya jadi benih impor ya. Sebab produksinya di Taiwan sana.

So, kamu lebih tertarik pada merk benih yang mana nih?

Bagikan

One comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *