Panduan Cek Kondisi Mobil Mitsubishi Bekas

Panduan Cek Kondisi Mobil Mitsubishi Bekas yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Membelinya

Beberapa waktu lalu, rekan kerjaku saat di Semarang membeli mobil. Bukan mobil baru tapi mobil second. Xpander. Sayangnya, mobil agak rewel. Seharusnya, dia mencari informasi terkait panduan cek kondisi mobil Mitsubishi bekas dulu sebelum memutuskan beli mobil itu.

Panduan ini juga masih berlaku saat kita ingin membeli mobil Pajero bekas. Memang apa saja jenis mobil Mitsubishi?

Jenis Mobil Mitsubishi

Jenis Mobil Mitsubishi

Mitsubishi adalah salah satu mobil asal pabrikan Jepang yang cukup mendominasi di pasaran. Menurut catatan Gaikindo, sepanjang tahun 2022, Mitsubishi, khususnya Xpander mendapatkan angka penjualan sebanyak 47.820 unit (2).

Selain Xpander seperti milik rekan kerjaku, ada beberapa jenis mobil Mitsubishi yang bisa memenuhi kebutuhan kita dalam berkendara, yaitu:

  1. SUV (Sport Utility Vehicle) adalah mobil yang tangguh, nyaman dan performanya sanggup melewati berbagai medan perjalanan, seperti Outlander dan Pajero Sport.
  2. MPV (Multi-Purpose Vehicle) adalah mobil dengan ruang yang luas dan cocok untuk keluarga dan aktivitas sehari-hari, contohnya Xpander, Xpander Cross dan Xpander Sport.
  3. Hatchback adalah mobil yang bentuknya compact dan performanya responsif, seperti Mirage.
  4. Mobil Niaga adalah mobil yang cocok untuk membantu bisnis kita, contohnya Triton dan L300.

Memang apa saja yang harus dicek ketika membeli mobil Mitsubishi bekas?

Panduan Cek Kondisi Mobil Mitsubishi Bekas

Sebenarnya, cek kondisi mobil Mitsubishi bekas price tuh sekitar 500 ribuan. Hanya saja, bila kita bisa melakukannya sendiri, kita tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk cek kondisi mobil sebelum beli.

Ada beberapa hal yang harus kita cek soal kondisi mobil Mitsubishi bekas sebelum memutuskan untuk membelinya, antara lain:

1. Cek Buku Servis Kendaraan

Hal pertama yang bisa kita cek saat ingin membeli mobil Mitsubishi bekas adalah riwayat perawatan kendaraan. Kita bisa melihat buku servis mobil dari pemilik terdahulu. Keberadaan buku servis ini membuktikan bahwa mobil terawat dengan baik di bengkel resmi.

Dengan begitu, kita bisa yakin bahwa mobilnya mendapat servis rutin. Penggantian oli mesin dan transmisinya tidak terlambat.

Kita tentu tidak mau setelah membeli mobil bekas malah harus mengeluarkan biaya tambahan untuk penggantian spare part atau lebih parah lagi overhaul. Biayanya bisa puluhan juta tuh.

2. Periksa Kondisi Mesin Mobil dan Masalah yang Ada

Cek kondisi mobil Mitsubishi bekas price

Setelah melihat buku servis kendaraan, kita perlu memeriksa kondisi mesin mobil. Konfirmasi dengan detail mengenai masalah yang ada pada mobil Mitsubishi bekas yang ingin kita beli.

Beberapa masalah yang mungkin terjadi pada mobil Mitsubishi bekas, antara lain:

  • Misalnya, kita ingin membeli mobil Mitsubishi Pajero Sport generasi kedua. Cara paling mudah adalah kita buka stik oli atau tutup oli pengisian. Bila keluar asap, maka kita harus hati-hati. Kemudian pengecekan standar dari suara mesin dan kebocoran oli mesin.
  • Contoh lain, katakanlah kita ingin membeli mobil Mitsubishi Xpander second. Masalah yang paling sering terjadi adalah masalah pompa bensin atau pump. Menurut hasil investigasi Mitsubishi, ada impeller (baling-baling) dalam pump yang bisa memuai serta berubah bentuk. Bila hal itu terjadi, bisa menyebabkan mesin mati secara mendadak.
  • Kondisi idle up atau jarum rpm yang tiba-tiba naik sendiri.
  • Persoalan suspensi mengembun dan bisa menyebabkan kebocoran.

Intinya, kita harus memastikan bahwa mesin dari mobil Mitsubishi bekas yang ingin kita beli dalam kondisi baik. Bila memang tidak percaya diri untuk memeriksanya sendiri, kita bisa membawa saudara atau mekanik yang lebih ahli soal mesin.

3. Periksa Kaki-kaki Mobil

Bagian yang tidak kalah penting untuk kita periksa sebelum beli mobil Mitsubishi bekas adalah bagian kaki-kaki. Komponen steering dan suspensi menentukan bagaimana keamanan dan kenyamanan kita dalam berkendara.

Bila komponen steering dan suspensi-nya rusak akan membuat laju mobil limbung. Selain itu, pengecekan kaki-kaki, termasuk sasis bisa mendeteksi kemungkinan mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan atau tidak.

4. Test Drive

Langkah terakhir sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas adalah melakukan test drive. Kita bisa mengecek seluruh komponen baik eksterior, interior, hingga performa mesin.

Bila ada cacat atau kerusakan, kita bisa mengetahuinya dalam sesi test drive. Kalau perlu ajak teman dan saudara biar semakin banyak orang yang melakukan cek dan memastikan bahwa kondisi mobil baik-baik saja.

Pastikan Beli Mobil Mitsubishi Bekas di Platform Jual-Beli Mobil Bekas Terpercaya

Ketika kita ingin beli atau jual mobil Mitsubishi bekas, kita bisa melakukannya di platform jual beli mobil bekas terpercaya. Pilihan terbaiknya adalah kita membeli mobil bekas di platform Caroline.id. Mari kita berkenalan dengan platform ini!

Caroline.id

Caroline.id

Caroline.id adalah platform jual-beli mobil. Kita bisa menjual atau membeli mobil baru dan bekas. Kenapa kita harus beli mobil Mitsubishi bekas di Caroline?

Salah satu alasannya adalah karena Caroline.id memberikan garansi 7G+ termasuk garansi buy back. Apa saja garansi 7G+ dari Caroline.id?

  1. Garansi semua mobil sudah mendapat servis umum, termasuk penggantian oli dan filter oli baru.
  2. Garansi dokumen mobil lengkap dan asli.
  3. Bergaransi mesin, transmisi dan rem selama satu tahun.
  4. Bergaransi AC dan electrical selama satu tahun.
  5. Garansi mobil bukan bekas kecelakaan besar atau banjir.
  6. Garansi buy back.
  7. Bergaransi nomor mesin dan nomor rangka pasti asli.
  8. Garansi plus suspensi dan kemudi.

Pertanyaan selanjutnya adalah apa saja layanan Caroline.id?

Layanan Caroline.id

Caroline.id memiliki tiga layanan utama, yaitu jual mobil, beli mobil dan tukar tambah.

1. Jual Mobil

Mereka menawarkan proses jual mobil yang cepat, nyaman dengan penawaran harga yang terbaik. Prosesnya pun tidak rumit, antara lain:

  • Cek kendaraan kurang lebih 30 menit.
  • Kesepakatan harga terjadi antara kedua belah pihak.
  • id akan melakukan transfer dana pada penjual.

Bukan hanya retail saja. Mereka juga menerima penjualan mobil bekas dari perusahaan.

2. Beli Mobil

Mereka menyediakan layanan beli mobil bekas yang bergaransi. Ada garansi 7G+ yang tersebut di atas. Selain itu, ada beragam kemudahan yang mereka sediakan, antara lain:

  • Test drive gratis.
  • Pilihan mobil yang beragam.
  • Memungkinkan kita melakukan pengajuan kredit pada lembaga financing

Selain mobil bekas, mereka juga menyediakan layanan untuk beli mobil baru yang up to date. Dengan harga bersaing dan beragam promo diskon yang menarik.

Tak perlu khawatir sama kondisi mobil barunya. Mereka menjual unit mobil baru langsung dari dealer resminya, termasuk bila ingin beli mobil Mitsubishi baru.

3. Tukar Tambah

Layanan terbaru mereka adalah tukar tambah. Terkadang, kita punya keinginan untuk upgrade mobil lama tapi tidak punya dana yang cukup untuk menambah mobil. Sehingga, pilihannya adalah menukar mobil lama dengan mobil baru.

Kita hanya tinggal pilih mobil baru dan mereka yang akan mengurus semua prosesnya. Kita juga tidak perlu ke dealer.

Beli Mobil Mitsubishi Bekas di Caroline.id

Panduan cek kondisi mobil Mitsubishi bekas pun sudah tersedia. Jadi, bila Teman-teman ingin beli mobil Mitsubishi bekas, kita bisa membelinya di Caroline.id. Kita akan mendapatkan garansi 7G+ dan spesial promo setiap saat.

Selain semua garansi tersebut, masih ada jaminan lima hari uang kembali lho. Belum lagi, mereka punya jaringan cabang di beberapa kota di Indonesia yang memudahkan proses transaksi, antara lain Pondok Pinang, Bekasi, Medan, Gading Serpong, Depok, Bekasi 2, Tajur, Cinere dan Cimahi.

Tunggu apa lagi? Beli mobil bekasnya di Caroline.id saja ya!

Referensi artikel:

  1. https://www.caroline.id/beli/mitsubishi
  2. https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/26/121200715/perhatikan-komponen-ini-saat-beli-xpander-bekas
  3. https://www.gridoto.com/read/223618849/seken-keren-jangan-tergiur-harga-murah-periksa-bagian-ini-saat-beli-mitsubishi-pajero-sport-bekas
Bagikan

15 comments

  1. Saya belum pernah mencoba menyetir mobil Mitsubishi. Tapi kayaknya menarik juga nih karena harga mobil bekasnya bersaing. Apalagi kalau belinya di Caroline.id.

  2. penting banget ini untuk cek kondisi mesin mobil bekas agar terhindar dari masalah teknis yang dapat muncul di kemudian hari. dan untung sekarang ada platform seperti Caroline.id yang menawarkan jual beli mobil bekas dengan jaminan garansi yang membuat tetap nyaman untuk beli mobil bekas

  3. Pengen Xpander euy atau L300 buat bawa barang dagangan. Kalau beli mobil bekas kudu super teliti ya. Bagiku sih mending nambah biaya meski 500rb untuk pengecekan mesin dan onderdil mobil, daripada kena zonk dapat kendaraan yg kondisinya jelek.

  4. Menurut saya, Mitsubishi ini punya kualitas mesin yang awet dan bandel. Tahan lama juga biasanya. Memang sih perlu banget untuk mengecek kondisi mobil Mitsubishi bekas sebelum membeli, biar tau kondisi mobil secara keseluruhan. Beruntungnya sekarang sudah ada platform jual beli mobil bekas di Caroline.id. Urusan jual beli mobil bekas jadi lebih mudah dan efisien. Mantap sekali…

  5. Terima kasih, Kak ini panduannya sangat penting sekali untuk dilihat dan dijadikan pegangan saat mau beli mobil. Kabar baiknya ternyata bisa beli di Caroline ya

  6. Cakep banget nih dikasih hal-hal yang harus dicek ketika membeli mobil Mitsubishi.
    Karena biasanya beda merk atau beda jenis bisa berbeda juga masalah bawaannya.
    Dengan beli di Caroline.id, semoga semua checklist terpenuhi dan transaksi lancar juga aman.

  7. bener juga kudu banget itu test drive
    selain biar bisa merasakan sensasi dengan si kendaraan tersebut,
    sambil kilik-kilik juga sekiranya ada yang kurang oke atau malah ada yang bikin makin tertarik

  8. Mobil Mitsubishi tampak gahar semua ya, xixixi.. Kalo beli mobilnya di Caroline.id, biar pun bekas tapi berkualitas plus bergaransi G7+ pula, makin komplit dah tu.

  9. wah boleh nih disave, kalau ada rencana ganti mitsubishi ya 🙂 tp better bekas atau baru ya kalau dari mitsubishi tuh? bekas jg masih oke kah?

  10. ah lengkap ya ini penjelasannya, makasih ya. jadi menambah wawasan seputar otomotif dan jual beli mobil second mitsubishi. dan sepertinya adanya Caroline.id bisa sangat menjanjikan.

  11. Kalau aku mending beli mobil belas melalui platform yang bisa dipercaya seperti Caroline.id jadi lebih tenang. Karena Caroline.id berani memberikan garansi dan jaminan..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *