Sansevieria Trifasciata

Beragam Nama Bagi Sansevieria, Satu diantaranya Cukup Sadis

Nama Bagi Sansevieria, Satu Diantaranya Cukup Sadis – Beragam jenisnya, beragam manfaatnya, beragam pula namanya. Membicarakan tanaman yang satu ini memang tidak akan ada habisnya. Bentuknya yang cantik dan unik akan membuat siapa saja menyukainya. Pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang ragam jenis dan ragam manfaat dari sansevieria. Nah, artikel kali ini akan membahas tentang ragam nama yang disematkan pada sansevieria. Apa saja ya kira-kira? Simak artikel ini sampai selesai ya!

Sansieveria – Lidah Mertua

Beberapa jenis sansevieria memiliki daun yang tumbuh tegak ke atas dengan ujung daun meruncing dan tajam. Salah satu jenis dengan ciri ini adalah Sansevieria trifasciata. Ujungnya yang runcing dan tajam digambarkan sebagai lidah para mertua yang kata-katanya tajam menusuk hati. Karena itulah sansevieria disebut sebagai tanama lidah mertua atau mother’s inlaw. Sebuah alasan yang cukup sadis bukan Kamu setuju tidak?

Sansevieria – Snake Plant

Dunia barat menyebut sansevieria dengan sebutan snake plant. Julukan ini diberikan lantaran banyak dari jenis sansevieria yang permukaan daunnya memiliki motif seperti kulit ular. Selain Sansevieria trifasciata, jenis lain dengan motif permukaan daun mirip ular adalah Sansieveria hyacinthoides.

Sansevieria – Tanaman Pedang-Pedangan

Bentuk daun yang tebal dan kaku, ujung meruncing dan tajam seperti mata pedang, menjadi alasan kenapa tanaman ini disebut dengan tanaman pedang-pedangan. Nama ini ditujukan pada tanaman jenis sansevieria yang daunnya tumbuh tegak ke atas. Sotyati dalam artikelnya yang berjudul ‘Sansevieria Naik Kelas Berkat Penelitian NASA’ menceritakan bahwa anak-anak di pulau jawa saat bermain kerapkali menggunakan sansevieria sebagai pedang-pedangan. Artikel tersebut telah diterbitkan di beritaharapan.com.

Sanseviera Grandiss, jenis yang dijuluki lidah sapi.
Sanseviera Grandiss, jenis yang dijuluki lidah sapi.
Sumber: https://www.flickr.com/photos/62515774@N08/10962877555

Sansevieria – Dracula’s Plant

Sansevieria adalah jenis tanaman CAM, Crassculacean Acid Metabolism. Artinya, sansevieria akan menyerap cahaya matahari pada siang hari. Cahaya tersebut kemudian disimpan untuk digunakan pada proses metabolism yang hanya dilakukan pada malam hari. Karena hanya aktif di malam hari, sansevieria kemudian dijuluki sebagai dracula’s plant.

Baca juga: Perjalanan Panjang Sang Sansevieria

Sansevieria – Lidah Sapi

Sansevieria grandiss adalah jenis sansevieria dengan ciri bentuk daun melebar dan tumbuh tegak ke atas. Khusus untuk jenis ini, orang Spanyol menyebutnya dengan sebutan lidah sapi. Hal ini dikarenakan bentuk daun yang melebar mirip lidah sapi.

Nama yang disematkan pada sansevieria cukup banyak, tidak hanya yang tertulis di artikel ini. Tiap negara, maupun tiap daerah di Indonesia memiliki julukannya sendiri. Seperti Ki Kikolo (Bandung), Mandalika (Madura), century plant, lucky plants dan African devil’s. Penamaan biasanya disesuaikan dengan bentuk dan warna daun.

Nah, itulah beberapa nama bagi sansevieria. Kalau kamu, lebih suka pakai nama yang mana?

Artikel ini juga dimuat di blog www.sansiveragarden.com, blog yang saya kelola bersama teman saya.

Bagikan

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *