Sahabat Sampah

Sumber: Koleksi pribadi

Buku Sahabat Sampah adalah buku antologi pertama saya. Dalam buku ini terdapat 20 artikel tentang sampah yang ditulis oleh 19 penulis. Masing-masing penulis menulis tentang sampah sesuai dengan sudut pandang, keilmuan, atau pengalamannya masing-masing. Saya sendiri menulis tentang pemanfaatan sampah anorganik di sekolah. Berangkat dari pengalaman saya selama mengajar di Sekolah Alam Depok. Judul artikel saya adalah “Ayo Menabung Sampah!”

Buku ini bisa dibilang paket komplit. Sebab sampah di bahas dari berbagai sisi. Ada yang membahasnya dari segi hukum, ada yang membahas cara pengolahannya, ada yang membahas bahaya dan dampak dari sampah itu sendiri. Dan ada pula yang membahas tentang solusi menghadapi sampah kita yang sudah tak karuan.

Buku ini cukup mampu memotivasi saya untuk terus menulis. Sebab, tak dipungkiri ada perasaan senang dan bangga tersendiri saat buku kita dibukukan meski dalam bentuk antologi. Dan bisa dibilang buku ini adalah langkah awal saya dalam menerbitkan buku-buku yang lainnya.

Pembuatan buku ini diinisiasi oleh Pak Baron Noorwendo selaku penggiat literasi dan lingkungan. Beliau adalah manajer dari Orang Depok Menulis, Penasehat Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Kota Depok, dan pendidiri Yayasan Warga Peduli Lingkungan (WPL).

Bagikan
About Luluk Sobari 25 Articles
Hai! Saya Luluk Sobari. Seorang perempuan yang suka membaca, menulis, dan berkebun. Semoga tulisan-tulisan saya dalam blog ini dapat memberikan manfaat untuk kalian semua meski hanya sedikit.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*