Rekening Bisnis adalah

Kerugian Nggak Punya Rekening Bisnis Bagi Pengusaha

Rekening bisnis merupakan sebuah rekening yang kita buka dengan tujuan untuk mendukung perkembangan bisnis. Pengusaha bisa menggunakan rekening tersebut untuk berbagai transaksi yang berkaitan dengan bisnisnya seperti melakukan pembayaran maupun sebagai penerima saat ada konsumen yang bertransaksi. Dengan kata lain, ada kerugian nggak punya rekening bisnis bagi para pengusaha. Iya nggak?

Karena pentingnya peran dan manfaat rekening khusus ini, sebaiknya bagi pelaku usaha sudah membuka di awal menjalankan bisnis. Dengan memiliki rekening bisnis juga menunjukkan seberapa besar keseriusan kita dalam menjalankan usaha tersebut.

Kerugian Nggak Punya Rekening Bisnis Bagi Pengusaha

Tujuan kita membuka usaha tentu ingin mendapatkan penghasilan yang lumayan. Namun, pada kenyataannya banyak pebisnis yang kecewa karena bukan keuntungan yang diperoleh, justru modal yang kita gunakan semakin lama semakin habis.

Ada banyak kemungkinan yang menjadi penyebab seorang pebisnis mengalami kegagalan, di antaranya yaitu salah dalam mengelola keuangan.

Mengelola keuangan bisnis hampir sama dengan keuangan pribadi, antara pemasukan dan pengeluaran harus mendapat perhatian. Agar keuntungan yang kita peroleh banyak, tentu pemasukan yang kita terima harus jauh lebih besar dari pengeluaran. Untuk mengelola keuangan usaha, kita perlu memiliki rekening bisnis agar terhindar dari kerugian seperti:

1. Nggak Bisa Merencanakan Keuangan dengan Maksimal

Manfaat Rekening Bisnis

Perencanaan keuangan yang baik merupakan kunci bagi pengusaha agar bisa mengelola dan menjalankan bisnis dengan profesional sehingga mendatangkan banyak keuntungan. Karena nggak punya rekening bisnis yang terpisah dari rekening pribadi, pengusaha akan kesulitan untuk mengetahui perkembangan bisnisnya.

Hal ini bisa berpengaruh pada perencanaan usaha dan keuangan yang kita jalankan. Dalam jangka panjang kondisi ini bisa menghambat perkembangan usaha karena pebisnis nggak bisa mengelola keuangan dengan tepat.

2. Sulit Mengambil Keputusan

Data perkembangan usaha sangat penting sebagai dasar dalam mengambil keputusan bagi pebisnis. Nggak adanya data keuangan yang rinci, akurat dan tersaji dengan cepat pada rekening yang terpisah menjadi kendala dalam proses pengambilan keputusan.

Ini yang menyebabkan pebisnis nggak bisa mengoptimalkan usaha yang dijalankan. Bahkan kita bisa kalah dalam persaingan bisnis dengan pelaku usaha lainnya.

Oleh karena itu, pengelolaan keuangan yang terpisah melalui rekening khusus untuk bisnis sangat penting agar pebisnis lebih mudah mengambil keputusan.

3. Kurang Profesional

Persaingan usaha yang semakin ketat harus kita imbangi dengan pelayanan yang profesional sehingga membuat konsumen nyaman dan senang bertransaksi. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan menyediakan rekening bisnis.

Sebaiknya, rekening tersebut kita buat dengan nama usaha agar bisa meningkatkan kepercayaan dan kenyamanan pelanggan dalam bertransaksi. Perusahaan yang kita kelola secara profesional mempunyai potensi untuk berkembang yang lebih besar.

4. Berpengaruh pada Hasil Penghitungan Pajak

Pajak merupakan kewajiban semua warga negara sesuai dengan objek yang ditentukan. Perusahaan mempunyai kewajiban untuk membayar pajak penghasilan berdasarkan besarnya keuntungan yang diterima.

Dengan memisahkan antara penghasilan usaha dan uang pribadi memudahkan kita dalam menghitung kewajiban yang harus kita bayar. Pemisahan rekening ini bisa mengurangi potensi kesalahan dalam membayar pajak sehingga kita nggak mengalami kerugian.

5. Berpotensi Terjadi Penggelapan Dana Perusahaan

Nggak sedikit pengusaha yang bangkrut karena adanya penggelapan dana perusahaan. Kita bisa meminimalkan kemungkinan ini dengan menyediakan rekening yang terpisah untuk bisnis.

Cara yang cukup mudah untuk mengetahui arus keuangan usaha adalah dengan menyiapkan rekening yang terpisah dari transaksi pribadi. Kita akan lebih mudah mengetahui apabila ada pengeluaran yang mencurigakan atau nggak sesuai dengan rencana.

Rekening khusus untuk usaha bisa kita desain dengan dual control sehingga meningkatkan keamanannya. Kita nggak perlu khawatir karena dengan demikian ada beberapa bagian yang bisa mengontrol secara langsung untuk meminimalkan potensi penggelapan dana tersebut.

6. Pembagian Bonus Tertunda

Kerugian Nggak Punya Rekening Bisnis

Pemberian bonus kepada karyawan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kinerjanya. Kita bisa mengatur pembagiannya berdasarkan keuntungan dan kontribusi karyawan terhadap perusahaan.

Dengan memisahkan antara rekening pribadi dan usaha, menjadikan penghitungan keuntungan perusahaan semakin mudah. Secara nggak langsung hal ini sangat membantu kita dalam upaya menyejahterakan karyawan.

7. Berpotensi Dicurigai sebagai Transaksi Ilegal

Perusahaan merupakan sebuah lembaga yang berdiri dan terpisah dari kehidupan pribadi pemiliknya. Ini merupakan salah satu alasan pentingnya mempunyai rekening bisnis yang terpisah dari rekening pribadi.

Nggak sedikit kasus yang melibatkan rekening pribadi dalam penggelapan dana Perusahaan karena nggak ada rekening khusus untuk bisnis yang menyulitkan proses investigasi. Dengan adanya rekening khusus bisnis, memudahkan proses pemantauan untuk meminimalkan terjadinya transaksi ilegal.

Pemilik UMKM bisa membuka rekening khusus bisnis untuk membantu pengelolaan transaksi usaha dengan lebih mudah secara digital melalui Fazz Business. Semua pengajuan pembukaan rekening bisa kita lakukan secara online sehingga lebih cepat dan simpel.

Nggak hanya itu, sebagai fintech keuangan dan neobank, Fazz juga menawarkan biaya perbankan yang lebih rendah dan suku bunga yang lebih tinggi daripada bank konvensional. Membuka rekening bisnis untuk usaha yang kita jalankan melalui Fazz Business sangat menguntungkan. segera lengkapi usaha kita dengan rekening bisnis melalui Fazz Business ya!

Bagikan

14 comments

  1. Dalam berbisnis apapun itu memang sangat penting banget punya rekening bisnis, jadi bisa tahu mutasi masuk keluarnya keuangan. Jadi lebih mudah dalam memanagemennya.
    Btw, baru denger dan tahu juga ada rekening bisnis dari Fazz Business. Pengen ku kulik lebih lanjut nih, penasaran.

  2. Artikel yang sepertinya WAJIB DIBACA oleh semua UMKM atau yang mau mulai berbisnis. Literasi manajemen keuangan yang sangat bermanfaat. Karena masih banyak yang mencampuradukkan antara personal and business financial. Padahal banyak banget langkah-langkah yang harus diambil, diikuti, dan dilaksanakan agar terjadi pemisahan profesionalitas kedepannya. Apalagi untuk urusan pajak. Ngaruh banget loh itu dalam sistem pelaporan.

  3. Setuju, penting banget pengusaha punya rekening bisnis
    Supaya gak kecampur dengan rekening pribadi

    karena salah satu yang bikin pengusaha gulung tikar adalah keuangan yang gak profesional. Mereka gak punya rekening bisnis khusus, dan akhirnya gak jelas untung rugi usahanya

  4. Duh, jadi keinget rencana tahun ini buat bikin usaha penerbitan. Dijabanin aja apa, yaaaaa.
    Jadi, mesti bikin rekening bisnis, kan, ya? Tadinya kupikir kalau usaha sendiri aja, rekening pribadi. Kalau ada rekanan, baru bikin rekening bisnis.
    Dari awal mesti disiapin, yaaa…

  5. Kebayang kalo nggak punya rekening bagi perusahaan, transaksi bisa nganeh deh dan tersendat. Yang seharusnya bisa Terima pembayaran dari kustomer, eh jadi tertunda karena urusan gak ada rekening

  6. Rekening bisnis bagi pengusaha ini wajib sih yaa..
    Karena kalau ada transaksi, lebih terpercaya. Dan untuk membuka rekening bisnis juga gak sulit.
    Rekening bisnis akan membuat bisnis semakin lancar dan semakin berkembang.

  7. menurutku sih faktor profesionalitas jelas utama banget sih bagi pebisnis tuh wajib banget buka dan punya rekening bisnis atas nama usaha/perusahaannya, plus pastinya byk bgt fasilitas dan fitur yang lebih lengkap daripada rekening pribadi

  8. Rekening bisnis memang penting banget sih. Selain untuk transaksi juga bakal lebih gampang untuk tahu mutasi keluar masuknya dana

  9. Setuju sih, keuangan pribadi dan bisnsi harus dibedakan. Jangan jadi satu. Karena rancu banget. Untuk mempermudah manajemen juga memang lebih baik memiliki rekening bisnis.

  10. Namanya punya usaha, baik skala kecil, menengah ataupun besar, memang perlu memisahkan antara uang pribadi dan uang yang dipakai untuk usaha. Supaya pengelolaan keuangan menjadi lebih rapi dan menghindari hal-hal yang merugikan usaha

  11. Memang penting banget punya rekening bisnis yang terpisah dari rekening pribadi, apalagi buat kita yang serius ngejalanin usaha. Soalnya banyak banget manfaatnya, dari mulai perencanaan keuangan sampai ngelindungin dari potensi penggelapan. Makasih udah share info berharga ini, langsung pengen daftar rekening bisnis sekarang juga nih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *