Cerita Di Balik Makanan

Sumber: Koleksi pribadi

Saya banyak bergabung dengan komunitas kepenulisan, salah satunya adalah Easy Writing. Easy Writing didirikan oleh Nyuwan S. Budiana. Pertama kali bertemu beliau adalah saat mengikuti pelatihan menulis yang diadakan oleh Warga Peduli Lingkungan (WPL).

Komunitas ini sangat aktif. Hampir setiap bulan mengadakan tantangan menulis buku antologi dengan berbagai macam tema. Selain itu banyak dari anggotanya yang merbitkan buku solonya bersama Easy Writing. Nah, ini adalah buku antologi ketiga saya sekaligus buku antologi kedua saya bersama Easy Writing.

Sesuai dengan judulnya buku ini berisi tentang makanan. Sebagian besar penulisnya menceritakan tentang makanan khas daerah masing-masing. Saya sendiri memilih menulis tentang menu keseharian masyarakat Madura.

Judul artikel saya dalam buku ini adalah Gung, Gung, Gung, Nasinya Nasi Jagung. Judulnya memang terinspirasi dari lagu Wak Wak Gung. Lagu ini ternyata adalah lagu pengiring permainan tradisional khas Betawi yang memiliki nama yang sama dengan judulnya “Wak Wak Gung”.

Nah kembali lagi ke artikel saya dalam buku ini. Artikel saya berbicara tentang nasi jagung sebagai makanan pokok orang Madura beserta dengan sayur dan lauk pauknya sebagai pelengkap. Yaitu sayur bening, ikan asin, dan sambal tomat terasi. ^_^

Penasaran? Nanti saya akan bahas dalam bentuk yang berbeda di blog ini.

Bagikan
About Luluk Sobari 25 Articles
Hai! Saya Luluk Sobari. Seorang perempuan yang suka membaca, menulis, dan berkebun. Semoga tulisan-tulisan saya dalam blog ini dapat memberikan manfaat untuk kalian semua meski hanya sedikit.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*